Pengelolaan Manajemen Sumber Daya Nasional untuk Dukung Pertahanan Negara

Foto bersama usai Seminar Hasil Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP), Universitas Pertahanan Republik Indonesia TA. 2022/2023. Foto: Dokumen Unhan

Foto bersama usai Seminar Hasil Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP), Universitas Pertahanan Republik Indonesia TA. 2022/2023. Foto: Dokumen Unhan

INDOPOS.CO.ID – Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) Mayor Jenderal (Mayjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Agus Winarna mendorong, para mahasiswa mengimplementasikan ilmu yang telah didapat melakukan penelitian di bidang manajemen pertahanan, ekonomi pertahanan dan ketahanan energi.

Hal itu disampaikan Seminar Hasil Hasil Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Unhan, dengan tema Manajemen Sumber Daya Nasional dalam Mendukung Pertahanan Negara.

Sekaligus lanjutan dari kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri sebagai bagian dari proses pembelajaran di Unhan, yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman kepada para mahasiswa.

“Sulawesi Selatan menjadi lokasi pertimbangan, adanya wacana terkait pengembangan pengelolaan sumber energi terbarukan dalam rangka mendukung transisi energi menuju net zero emission 2060, menjadi alasan terpilihnya sebagai lokasi KKDN,” kata Mayjen TNI Agus Winarna di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Tidak hanya itu, Sulawesi Selatan termasuk wilayah yang dilalui jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II merupakan jalur pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) dan dengan paradigma maritime/sea-based development.

“Harus dimanfaatkan dan diarahkan pada pertumbuhan ekonomi kawasan dan pembangunan wilayah, guna mendukung pertahanan Indonesia dari ancaman militer maupun non-militer,” ujarnya.

Ia berharap presentasi dari narasumber dapat memberikan pemahaman, yang komprehensif kepada peserta seminar dan membuka wawasan mengenai kemungkinan-kemungkinan di masa depan.

“Semoga Seminar Hasil KKDN 2023 ini, dapat menjadi optimisme dan menghasilkan hasil nyata yang bermanfaat bagi sistem pertahanan nasional indonesia khususnya strategi,” ucap Agus.

“Kebijakan yang sudah, sedang dan yang akan diambil oleh pemerintah dalam tata kelola sumber daya nasional untuk mencapai target dan juga capaian di masa mendatang, baik jangka panjang maupun jangka menengah,” tambahnya. (dan)

Exit mobile version