Wapres Meriahkan Tarhib Ramadhan 2023 dengan Menulis Al-Quran

Baznas Award

baznas

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri acara Baznas Awards 2023 dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Baznas ke-22 di Jakarta, Selasa (21/3/2023). Dalam acara tersebut, Ma'ruf juga berpartisipasi dalam Program Menulis Al-Qur’an sebagai Tarhib menyambut Ramadhan 2023. Wapres menuliskan ayat-ayat dalam surah terakhir Al-Qur`an. Foto: Baznas

INDOPOS.CO.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri acara Baznas Awards 2023 dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Baznas ke-22 di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Dalam acara tersebut, Ma’ruf juga berpartisipasi dalam Program Menulis Al-Qur’an sebagai Tarhib menyambut Ramadhan 2023. Wapres menuliskan ayat-ayat dalam surah terakhir Al-Qur`an.

Dalam sambutannya, Ma’ruf mengatakan, ibarat makhluk hidup BAZNAS memerlukan ekosistem yang baik.

“Dengan Baznas Award penghimpunan, pengelolaan dan penyaluran kebermanfaatan zakat diharapkan semakin meningkat,” ujar Wapres.

Ma’ruf juga menekankan semua aktivitas zakat sudah seharusnya dikelola secara profesional dan amanah. Baznas, ujarnya, sebagai lembaga pengelola zakat nasional sudah seharusnya berperan aktif dalam mengoptimalkan ekosistem dan pengelolaan zakat secara nasional.

“Jadikan Baznas Award ini sebagai bagian memperkuat pondasi ekosistem zakat nasional, karena penerima BAZNAS AWARD tidak lain adalah unsur dan komponen utama pendukung zakat,” katanya.

Wapres juga berpesan agar Baznas mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan masing-masing komponen ekosistem zakat dan stakeholder lainnya guna penguatan pengelolaan zakat nasional.

“Pemerintah sudah berkomitmen dengan mendorong pelaksana zakat melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS),” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bazans Noor Achmad menyampaikan, Baznas Award adalah upaya untuk mengapresiasi aktivitas perzakatan yang ada di Indonesia.

Noor mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden yang telah ikut mensosialisasikan zakat ke berbagai daerah dan berbagai tempat, sehingga menghasilkan peningkatan zakat 30 hingga 35 persen.

Noor juga menjelaskan untuk tahun ini, Baznas mengusung tagline “Berkah Berzakat, Terima Kasih Muzaki dan Terima Kasih Mustahik”.

“Karena ternyata selama pandemi Covid-19 kita bisa memberikan bantuan kepada masyarakat. Itulah yang kami sebut sebagai berkah zakat,” jelasnya.

Menurut Noor, selama pandemi Covid-19, peningkatan masyarakat berinfak dan bersedekah begitu luar biasa, sehingga angkanya melebihi 40 persen, dan kebanyakan dari kalangan anak-anak muda.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para muzaki di seluruh Indonesia. Zakat, infak, dan sedekah mereka dinantikan oleh masyarakat yang membutuhkan. Jika kita bersama-sama meningkatkan zakat, kita bisa mengentaskan kemiskinan ekstrem di Indonesia,” pungkasnya.

Ada 272 pihak yang menerima anugerah Baznas Award dengan berbagai kategori. Bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan Baznas juga menyelenggarakan Tarhib Ramadhan dengan program Menulis Al-Qur`an yang melibatkan 1.000 Amil, 1.000 Muzaki, dan 1.000 Mustahik di seluruh Indonesia, yang telah dimulai sejak hari Jumat (10/3/2023) di seluruh Indonesia. (adv)

Exit mobile version