Hari Film Nasional, Mendikbudristek: Jadi Momentum Perkuat Komitmen dan Kolaborasi Ekosistem Perfilman Indonesia

film

Peringati Hari Film Nasional. (Kemdikbudristek untuk INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Peringatan Hari Film Nasional tahun ini mengutamakan penguatan keberlanjutan ekosistem perfilman Indonesia melalui peningkatan sumber daya manusia.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Ia menuturkan, peringatan Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret adalah waktunya untuk menguatkan komitmen dan kolaborasi ekosistem perfilman Indonesia. Dan mengajak semua pekerja film untuk terus memajukan perfilman Indonesia. Dengan bergerak serentak mewujudkan Merdeka Berbudaya.

“Selamat Hari Film Nasional. Kami sediakan wadah untuk berbagai inisiatif di bidang kebudayaan,” ujarnya.

Dengan wadah tersebut, lanjut dia, agar pelaku dan praktik kebudayaan termasuk di bidang perfilman memperoleh akses yang luas dan mengalami peningkatan kualitas.

“Bangsa ini memiliki aset yang luar biasa untuk dapat terus mengembangkan perfilman Indonesia,” katanya.

“Para sineas kita telah membuktikan kemampuannya dalam mengembangkan perfilman Indonesia,” imbuhnya.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menambahkan, bahwa Kemendikbudristek memimpin upaya untuk memperkuat tatanan kebudayaan dan mempererat hubungan antarunsur kebudayaan, sehingga pemajuan kebudayaan bisa terwujud.

“Peran pemerintah penting dalam meningkatkan kapasitas SDM dan penguatan ekosistem perfilman Indonesia, maka seluruh program untuk mendukung tujuan tersebut harus dilanjutkan,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version