Ini Intruksi Jokowi ke Erick Thohir Usai Menerima Surat Presiden FIFA

et

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir. Foto: Instagram/erickthohir

INDOPOS.CO.ID – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyerahkan surat Presiden FIFA Gianni Infantino untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat (31/3/2023). Sekaligus melaporkan hasil pertemuannya dengan Gianni.

“Membaca surat tersebut, presiden menginstruksikan saya dua hal. Satu, segera membuat peta biru transformasi sepakbola Indonesia. Presiden menekankan ini harus segera selesai dan harus segera diberikan kepada FIFA,” kata Erick usai bertemu dengan Presiden Jokowi.

Kedua, Jokowi meminta Erick terus menjalin komunikasi dengan FIFA agar Indonesia tetap menjadi bagian dari keluarga besar FIFA. Tentu harapannya tidak ingin Indonesia dikucilkan dari peta sepakbola dunia.

Ercik terus berusaha keras memastikan transformasi sepakbola Indonesia terjadi, bukan wacana. Juga akan bekerja keras kembali bernegoisasi kepada FIFA menghindari sanksi yang bisa terjadi.

“Karena dari FIFA sendiri tentu mengharapkan hal ini tidak terjadi, tapi kalau dilihat dari suratnya jelas bahwa FIFA mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk Indonesia,” ujar Erick.

Saat ini, sedang menunggu undangan FIFA setelah mereka melakukan rapat fifa council. Rencananya, ia akan kembali bertemu dengan FIFA dalam beberapa hari ke depan.

FIFA resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal itu disampaikan FIFA melalui situs resminya kemarin malam.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” ucap FIFA dalam situs resmi FIFA.com. (dan)

Exit mobile version