Pasokan Pangan Diklaim Aman Sampai Setelah Idul Fitri 2023

Arief-Prasetyo-Adi

Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi saat blusukan di pasar tradisional Jakarta baru-baru ini. Foto: Dok NFA

INDOPOS.CO.ID – Pasokan pangan sampai dengan setelah Idul Fitri 1444 Hijriah atau akhir bulan Mei 2023 terpantau aman. Itu sesuai perhitungan prognosa neraca pangan tahunan dan bulanan.

Kepala Badan Pangan Nasional/ National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengatakan, selain stok pangan, harga pangan pokok strategis terpantau stabil di tingkat produsen dan konsumen sesuai data panel harga pangan.

Adapun yang diproyeksikan komoditas beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging lembu, daging ayam, telur ayam, gula konsumsi dan minyak goreng.

“Kami telah menghitung prognosa neraca pangan tahunan dan bulanan, dan diproyeksikan. Pasokannya sampai dengan setelah Lebaran atau akhir bulan Mei 2023 aman,” kata Arief saat rakor lintas sektor dalam rangka pengamanan Hari Besar Keagamaan Nasional Idul Fitri 1444 H di Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Ia menuturkan, kondisi pangan stabil dan cenderung turun terpantau dalam kunjungan Presiden Joko Widodo ke beberapa pasar tradisional di Jakarta.

“Alhamdulillah, kemarin Bapak Presiden bersama Pak Mendag juga telah meninjau secara langsung beberapa pasar, harga pangan stabil dan beberapa mulai turun,” ucapnya.

Hal itu, tercermin dari laporan BPS bahwa inflasi terkendali, pada bulan Maret inflasi sebesar 4,97 persen (YoY), turun dari bulan Februari sebesar 5,47 persen (YoY).

“Kami berharap kolaborasi lintas sektor untuk menjaga stok dan harga pangan ini terus diperkuat melalui sejumlah kegiatan,” imbuhnya.

Seperti pemantauan ketersediaan dan harga pangan, Rakor rutin pengendalian inflasi bersama BI dan Kemendagri, pendampingan Satgas Pangan Polri, fasilitasi distribusi pangan, operasi pasar melalui Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dan Gerakan Pangan Murah (GPM), serta distribusi logistik pangan bersama Kemenhub.(dan)

Exit mobile version