Sumbang Kecelakaan Tertinggi, Masyarakat Dimbau Tak Mudik Pakai Sepeda Motor

mudik motor

Ilustrasi. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau, seluruh calon pemudik di Indonesia agar tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2023 menggunakan sepeda motor roda dua. Sebab, sepeda motor penyumbang terbanyak kecelakaan lalu lintas.

“Kami mengimbau dengan segala kerendahan hati, supaya seyogyanya tidak mengendarai motor,” kata Budi Karya Sumadi usai rakor di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Seperti data yang dihimpun oleh Polri, bahwa sepeda motor berkontribusi dalam angka kecelakaan. “Potensi kecelakaan tinggi seperti data Polri,” ucap Budi.

Pemerintah memberi solusi prihal hal tersebut, solusinya yakni membuat program mudik gratis. Baik melalui jalur darat, laut, maupun kereta api,

“Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, semua Kementerian dan juga Polri menyedikan bus mudik gratis, ada juga di kapal dan ketera api,” imbuh Budi.

Program mudik gratis menjadi salah satu upaya pemerintah mengantisipasi pemudik pada tahun ini, khususnya pengguna sepeda motor yang diprediksi akan mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik tahun ini yang mencapai 123,8 juta orang.

Program tersebut bertujuan mengurangi penggunaan sepeda motor, yang menjadi moda favorit kedua yang akan digunakan masyarakat saat perjalanan masa mudik Lebaran, setelah mobil pribadi. (dan)

Exit mobile version