Angka Kecelakaan Capai 3.457 Tahun Lalu, Ini Kapolri Pesan pada Pemudik

Angka Kecelakaan Capai 3.457 Tahun Lalu, Ini Kapolri Pesan pada Pemudik - kapolri 5 - www.indopos.co.id

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melepas mudik gratis Polri Presisi 2023 di kawasan Monas, Jakarta Pusat. (Instagram/@listyosigitprabowo)

INDOPOS.CO.ID – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berpesan kepada seluruh calon pemudik, terutama sopir angkutan umum tidak memaksakan diri membawa kendaraannya selama periode mudik Lebaran 2023. Mengingat angka kecelakaan lalu lintas cukup tinggi pada tahun 2022.

Program Mudik Gratis Polri Presisi 2023 Polri telah memberangkatkan 23.439 ribu peserta dengan armada bus 434 unit. Sebanyak 130 bus diberangkatkan pada Selasa dan 304 bus pada Rabu (19/4/2023).

“Sampaikan pesan khususnya kepada rekan pengemudi yang nanti akan membawa kendaraan ke tujuan masing-masing. Tahun lalu, dari 3.457 kecelakaan lalin terjadi,” kata Sigit di Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Melalui program mudik tersebut diharapkan, angka kecelakaan lalu lintas dapat berkurang dibanding tahun lalu. Termasuk para patwal harus berkoordinasi, dengan para pengendara ketika sudah waktunya istirahat.

“Jadi tentunya kita harapkan di tahun angka tersebut bisa kita tekan dan tentunya kepada rekan-rekan pengemudi untuk betul-betul berhati-hati di jalan,” ucap Sigit.

“Terus pada pengawal juga tolong dikawal dengan baik, diingatkan kapan waktunya harus istirahat jangan dipaksakan. Sehingga kemudian rombongan ini bisa berjlana dengan lancar sampai tujuan dengan selamat,” tambahnya.

Mabes Polri telah menyelenggarakan program mudik gratis untuk masyarakat dengan 14 kota tujuan di Pulau Jawa. “Ada 14 kabupaten dan empat provinsi yang tadi disampaikan mulai dari Jawa Barat, Jateng ,DIY, dan Jatim,” tutur Sigit.

Adapun 14 kota tujuannya adalah Kuningan, Banjar, Semarang, Solo, Wonogori, Purwokerto, Purworejo, Yogyakarta, Kudus, Rembang, Surabaya, Probolinggo, Madiun dan Kediri. (dan)

Exit mobile version