Cuaca Panas Ekstrem Masih Landa Indonesia, Simak Tips Menghadapinya

cuaca

Ilustrasi cuaca panas ekstrem. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru-baru ini mengindikasikan cuaca panas tidak biasa di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kementerian Kesehatan meminta masyarakat untuk waspada ketika berada di luar ruangan dengan tetap menjaga agar tubuh tetap fit

Juru bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril membagikan sembilan tips dalam menghadapi kondisi cuaca panas yang tak biasa. Salah satunya menambah konsumsi air mineral.

“Memang cuaca panas beberapa hari ini dan kedepan sedang tidak biasa. Untuk itu mari kita ikuti tips agar terhindar dari dampak cuaca panas ketika sedang atau sering berada diluar ruangan,” kata Syahril dalam keterangannya diterima, Senin (1/5/2023).

Berikut adalah tips yang dibagikan Kemenkes, cegah dehidrasi dengan minum air yang banyak. Jangan menunggu haus. Hindari minuman berkafein, minuman berenergi, alkohol, dan minuman manis.

Hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, gunakan topi atau payung. Memakai baju yang berbahan ringan dan longgar.

Selain itu, hindari menggunakan baju berwarna gelap agar tidak menyerap panas. Sebisa mungkin berteduh diantara jam 11 pagi – 3 siang.

Jangan meninggalkan siapapun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir baik dengan jendela terbuka maupun tertutup.

Selain itu, gunakan sunscreen minimal 30 SPF pada kulit yg tidak tertutup oleh baju sebelum keluar rumah. Sediakan botol semprot air yang dingin di dalam kendaraan.

Berdasar unggahan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter-nya terkait informasi indeks ultraviolet sinar matahari (UV) di wilayah Indonesia.

Menunjukan bahwa indeks UV kategori berbahaya (merah) dan ekstrem (ungu) mulai tampak di kawasan timur Indonesia pada pukul 08.00 WIB. Bahkan meluas hingga Kalimantan dan Sumatra pada pukul 11.00 WIB.

Kondisi tersebut berlanjut hingga pukul 13.00 WIB. Namun memasuki pukul 14.00 WIB, indeks UV semakin berkurang hingga pukul 17.00 WIB. (dan)

Exit mobile version