KKP dan PT Semen Padang Kolaborasi Kurangi Sampah Plastik

kkp

Tim Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang berfoto bersama dengan tim PT Semen Padang//Humas PRL KKP for Indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berkolaborasi dengan PT Semen Padang untuk progran Bulan Cinta Laut (BCL).

Program Nabung Sarok (menabung sampah) untuk mendukung pelaksanaan program prioritas KKP dalam pembangunan ekonomi biru melalui agenda pembersihan sampah plastik di laut melalui gerakan partisipasi nelayan atau BCL itu akan mulai digelar bulan Mei ini.

Inisiasi kolaborasi ini berawal dari sosialisasi program Nabung Sarok yang digagas oleh PT. Semen Padang. Program ini sejalan dengan program Bulan Cinta Laut yaitu dukungan untuk mewujudkan kesehatan laut dan pemberdayaan nelayan melalui ekonomi sirkuler.

“Nabung Sarok atau nabuang sarok adalah bentuk pengelolaan sampah yang mampu memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat khususnya masyarakat nelayan” ungkap Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Victor Gustaaf Manoppo, Senin (1/5/2023) seperti tertulis dalam rilis yang dikirimkan ke awak media.

Sementara itu, Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar mengungkapkan PT Semen Padang sangat mendukung program KKP khususnya dalam pengelolaan sampah.

“Program Nabung Sarok PT. Semen Padang yang berawal dari program Refuse Derived Fuel (RDF), inisiasi Kementerian PUPR telah mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Ini peluang yang sangat baik untuk mendorong perubahan sikap masyarakat dalam memilah sampah,” ungkap Asri.

Asri juga menyebutkan bila program ini berkelanjutan, maka pengelolaan sampah di Sumatera Barat menjadi lebih baik dari segi ekonomi maupun penggunaannya. Senada dengan Asri, sebelumnya Victor juga menjelaskan bahwa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang akan membantu dalam pelaksanaannya nanti supaya dapat diimplementasikan dengan baik. (ney)

Exit mobile version