Jumlah Penerima Naik, Kemdikbudristek: 89 Persen BPI Tempuh Studi di Dalam Negeri

Mendikbudristek

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim Foto: Kemdikbudristek untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada 2021 memberikan dukungan pendanaan untuk lebih dari 2.000 penerima beasiswa. Dan pada 2022 lalu jumlahnya meningkat menjadi 4.000 penerima.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Penerima beasiswa tersebut, menurut Nadiem, meliputi pelajar berprestasi, pelaku budaya, guru, tenaga kependidikan dan dosen. Dan memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan di dalam dan luar negeri.

“Melalui Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) para penerima beasiswa dapat meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Dan bisa meningkatkan pengetahuan dan kapasitas sebagai bekal mewujudkan cita-cita,” terangnya.

“Tunjukkan bahwa Anda adalah pembelajar sepanjang hayat yang selalu semangat belajar, berkarya, dan berkontribusi untuk Indonesia,” imbuhnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek Suharti menambahkan, sejak 2021 hingga 2022, BPI telah berhasil membiayai 6.236 penerima beasiswa. Dari penerima beasiswa tersebut, sebanyak 89,1 persen di antaranya menempuh studi di dalam negeri dan 10,9 persen menempuh studi di luar negeri.

“Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kualifikasi tenaga pendidik, Kemdikbudristek berusaha semaksimal mungkin agar program–program beasiswa yang berpihak pada tenaga pendidik dan kependidikan,” katanya.(nas)

Exit mobile version