Menag: Madrasah Siap Terapkan Merdeka Belajar

menag

Menteri Agama (Menang) Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Kemenag untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) seyogyanya bukan hanya menjadi seremoni semata. Harus menjadi komitmen bersama untuk terus mempercepat transformasi pendidikan agama dan keagamaan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Agama (Menang) Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan, Selasa (2/5/2023). Ia menuturkan, bahwa madrasah siap untuk menerapkan kurikulum merdeka belajar.

“Ini sejalan dengan tema Hardiknas 2023 yaitu “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”,” katanya.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, menurut dia, Kemenag (Kementerian Agama) telah mengeluarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah.

“Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di madrasah 100 persen mengikuti kebijakan Kemdikbudristek. Kemenag hanya melakukan adaptasi sesuai kebutuhan pembelajaran pada madrasah dalam rangka penguatan Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab yang menjadi ciri khasnya,” ungkapnya.

Pada 2022 lalu, lanjut dia, telah ditetapkan 2.471 lembaga madrasah yang menerapkan kurikulum merdeka. “Tahun ini, ada 26.169 lembaga madrasah dari jenjang RA, MI, MTs dan MA/MAK yang menerapkan kurikulum merdeka,” bebernya.
(nas)

Exit mobile version