Kawal Penyelenggaraan Haji, Kemenag Jalin Kolaborasi dengan Kemenkes

Kawal Penyelenggaraan Haji, Kemenag Jalin Kolaborasi dengan Kemenkes - haji umrah makkah kabah - www.indopos.co.id

Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji. Foto: dokumen INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Inspektur Jenderal (Irjen), Kementerian Agama (Kemenag) Faisal Ali Hasyim mengungkapkan Itjen (Inspektorat Jenderal) Kemenag mengawal ketat penyelenggaraan ibadah haji. Sejak proses perencanaan dari penetapan BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji).

Sinergi ini, menurut dia, menjadi simbol semangat untuk terus mengawal peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam meningkatkan kualitas kinerja pengawasan.

“Kita tidak hanya mengandalkan kemampuan internal, tetapi juga dengan sinergi untuk meningkatkan kualitas kinerja pengawasan,” ujar Faisal di Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Dikatakan dia, tantangan penyelenggaraan haji tahun ini sangat berbeda. Sebab ada kurang lebih 64 ribu jumlah jamaah haji usia lanjut (lansia). Kendati, tantangan tersebut bisa dijawab dengan mempertahankan indeks kepuasan jamaah.

“Sinergi ini menjadi awal dua Itjen berkolaborasi untuk kemaslahatan umat,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Inspektur Jenderal, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Murti Utami menyambut baik sinergi pengawasan penyelenggaraan ibadah haji. Itjen Kemenkes, menurutnya, memiliki visi yang sama untuk mengawal akuntabilitas dan kinerja penyelenggaraan ibadah haji.

“Ke depan kita harapkan output dari kerja sama dapat memperbaiki kualitas program dan memberikan beberapa rekomendasi perbaikan. Termasuk di dalamnya rekomendasi terkait layanan kesehatan jamaah haji” ujarnya.

Sebelumnya, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama menjalin sinergi dengan Itjen Kementerian Kesehatan untuk menyukseskan pengawasan penyelenggaraan ibadah haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak bertempat di Jakarta, Kamis (4/5/2023). (nas)

Exit mobile version