Jokowi Kunker ke Lampung, Pengamat Nilai Pembangunan Jalan Tak Diprioritaskan

lampung

Mobil RI 1 ditumpangi Presiden Jokowi saat melintas di jalan rusak di Lampung. (Dok Setkab RI)

INDOPOS.CO.ID – Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah berpandangan, ada sejumlah hal penyebab pembangunan infrastruktur jalan di Provinisi Lampung tidak optimal. Salah satunya, tidak menjadi program prioritas.

Selain itu, kurangnya perhatian dari kepala daerah maupun pengawasan dari anggota legislatif. Seperti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Artinya, para elitenya juga cuek, tidak punya sense of crisis,” kata Trubus saat dihubungi wartawan, Sabtu (6/5/2023).

Di samping itu, ia menyorot alokasi anggaran pembangunan inftrastruktur jalan, yang jauh lebih rendah dibandingkan anggaran belanja pegawai. “Artinya, tidak ada prioritas pembangunan jalan di situ,” nilainya.

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri melakukan kunjungan kerja di Provinsi Lampung pada Jumat (5/5/2023) kemarin. Tujuannya untuk mengecek harga-harga bahan pokok sekaligus infrastruktur jalan.

Menurut Trubus, kunjungan Jokowi ke Provinsi Lampung dapat menggerakan kepala daerah melakukan evaluasi untuk mengembangkan daerahnya, terutama pembangunan infrastruktur jalan.

“Jadi anggaran itu skala prioritasnya untuk infrastruktur jalan. Jangan habis untuk gaji pegawai, karena itu bisa dipangkas,” imbuhnya.

Warganet sekaligus Tiktoker bernama Bima Yudho mendadak viral karena membuat video mengkritik kondisi jalan di Lampung yang amburadul beberapa waktu lalu.(dan)

Exit mobile version