Infrastruktur Penunjang KTT ASEAN, Jalur Pedestrian di Labuan Bajo Harus Bersih

Infrastruktur Penunjang KTT ASEAN, Jalur Pedestrian di Labuan Bajo Harus Bersih - pupr 1 - www.indopos.co.id

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Promenade di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Dokumen Kementerian PUPR

INDOPOS.CO.ID – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau sejumlah infrastruktur penunjang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (7/5/2023).

Salah satu infrastruktur, yang ditinjau Menteri Basuki yakni Promenade (jalur pedestrian atau kawasan pejalan kaki) Penghubung Marina yang berada di Zona empat Labuan Bajo.

“Mohon pekerjaannya dipercepat, tetapi tetap perhatikan kebersihan dan kerapihan,” kata Basuki dalam keterangannya diterima, Senin (8/5/2023).

Lingkup pekerjaan meliputi Pembangunan Promenade pada area dermaga Balai Taman Nasional Kutai (TNK), Penataan area parkir Pelabuhan Labuan Bajo Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), dan Penataan Lanskap.

“Manfaatkan juga tanaman seperti, Ketapang Kencana supaya lanskap lebih bagus,” ucap Basuki.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan, Promenade Marina pada area dermaga pelabuhan ASDP menghubungkan aksesibilitas pengunjung dari Meruorah ke Area Waterfront Marina Labuan Bajo.

Diana mengimbau pekerjaan tetap memperhatikan kebersihan.

“Menjelang KTT ASEAN, tolong sampah-sampah dibersihkan, jangan ada yang berserakan. Jadi tidak hanya di dalam saja yang bersih, di luar juga harus bersih,” imbau dia.

Pembangunan Promenade Marina dimulai sejak Februari 2023 dan ditargetkan segera rampung, sehingga dapat fungsional dalam mendukung kegiatan KTT ASEAN ke-42. Adapun penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 berlangsung pada 9-11 Mei 2023. (dan)

Exit mobile version