Terpapar Cuaca Panas Ekstrem, Tips Ini Ampuh Jaga Kulit Tetap Sehat

Diskusi-Kesehatan-Kulit

Diskusi tentang kesehatan kulit Foto: Nasuha/ INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Belakangan sinar matahari terasa panas. Tak sedikit cuaca ekstrem tersebut menyebabkan kerusakan kulit hingga korban jiwa. Salah satunya cuaca ekstrem di negara India, yang menyentuh hingga 50 derajat Celcius.

“Untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari cukup dengan sunblock. Terutama mereka yang beraktifitas di luar rumah,” kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Kardiana Dewi kepada INDOPOS.CO.ID, Senin (8/5/2023).

Selain itu, menurut dia, untuk mencegah kerusakan pada kulit cukup menggunakan pelembab. Dan itu bisa dilakukan usai mandi di sore hari.

“Saat terpapar panas sinar matahari, kulit akan banyak mengeluarkan keringat. Jadi untuk menjaganya, kita bisa mengkonsumsi air putih yang cukup dan batasi konsumsi karbohidrat serta istirahat yang cukup,” katanya.

“Karena kita negara tropis, maka usahakan memakai pakaian yang mudah untuk menyerap keringat,” imbuhnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, untuk menjaga kulit tetap sehat, maka saat mandi pun tidak boleh terlalu lama. Pasalnya, durasi waktu yang lama kerap digunakan untuk menggosok kulit. Dan penggunaan air hangat yang berlebihan.

“Ini efeknya kurang baik. Memang tidak ada rekomendasi waktu mandi yang baik berapa lama. Tapi mandi durasi lama, efeknya kurang baik bagi kulit. Kulit akan mudah kering dan mudah rusak,” terangnya.

“5 sampai 10 menit sudah cukup. Dan kulit yang sensitif cukup menggunakan sabun yang lebih lembut dan tidak mengiritasi,” imbuhnya.

Sebelumnya, Marketing Director Reckitt Indonesia Rahul Bibhuti mengatakan, sepuluh tahun lalu, hanya terdapat 30 persen perempuan Indonesia yang bekerja. Namun saat ini jumlah meningkat.

“Sekarang zamannya telah berubah, angka perempuan bekerja meningkat hingga 51 persen,” ujarnya.

“Working mom Indonesia merupakan aktor perubahan yang perannya tidak dapat dipandang sebelah mata. Mereka patut diapresiasi,” imbuhnya.

Untuk itu, dikatakan dia, pihaknya terus melakukan inovasi untuk menjawab kebutuhan working mom Indonesia. Produk ini , menurut dia, untuk menghargai perjuangan hebat yang mereka lewati setiap harinya.

“Kami hadirkan produk Dettol Activ-Botany diformulasikan dengan bahan-bahan aktif yang berasal dari tumbuhan yang bermanfaat untuk melembutkan kulit dan membersihkan pori-pori,” katanya.
(nas)

Exit mobile version