Hari Ini Bandara Kertajati Berangkatkan 144 Jamaah Umrah

kertajati

Bandar Udara (Bandara) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Foto: setkab.go.id

INDOPOS.CO.ID – Bandar Udara (Bandara) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat, kembali melayani penerbangan umrah. Hari ini sebanyak 144 jamaah umrah diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 nomor penerbangan GA902.

President Director Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan, penerbangan umrah hari ini merupakan keempat kalinya sejak November 2022 lalu.

“Penerbangan umrah hari ini sekaligus menandakan konsistensi bersama dalam membangun konektivitas penerbangan di Bandara Kertajati,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, Selasa (9/5/2023).

Awaluddin berharap jamaah umrah asal Jawa Barat dapat merasa lebih nyaman dan lebih dekat melalui Bandara Kertajati untuk berangkat ke Tanah Suci.

“Seluruh aspek di Bandara Kertajati sudah dipersiapkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah umrah,” katanya.

“Fasilitas dan infrastruktur di sisi udara (air side) maupun sisi darat (land side) dalam kondisi baik dan dapat optimal mendukung penerbangan umrah pada hari ini,” imbuhnya.

Angkasa Pura II saat ini tengah mempersiapkan Bandara Kertajati untuk melayani penerbangan haji mulai 28 Mei 2023 mendatang. Rencananya, sebanyak 24 kloter akan diberangkatkan dari Bandara Kertajati.

Executive General Manager Bandara Kertajati, Nuril Huda mengatakan, pada kloter pertama sebanyak 30 persen dari total jamaah haji adalah lansia.

“Informasi yang kami terima, sebanyak 30 persen jamaah kloter pertama adalah lansia. Untuk itu kami mempersiapkan berbagai fasilitas untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi seluruh jamaah haji, termasuk lansia. Kami menjadikan Bandara Kertajati ramah bagi jamaah haji lansia,” ucapnya.

Menurut Huda, fasilitas untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jamaah haji lansia di antaranya personel khusus yang bertugas memberikan asistensi dan hospitality bagi lansia. Lalu kursi khusus lansia di boarding lounge, toilet khusus lansia.

Kemudian, lanjut dia, disediakan kursi roda untuk mengantar mulai dari area check-in hingga boarding lounge dan posko imigrasi.

“Kami menugaskan personel untuk asistensi dan hospitality, serta menyediakan fasilitas penting antara lain kursi khusus lansia di boarding lounge, toilet khusus lansia, kursi roda serta posko imigrasi dengan dukungan penuh Kantor Imgrasi untuk memproses paspor secara bertahap, tidak bergerombol,” ungkapnya. (nas)

Exit mobile version