KLHK: Produsen Wajib Kurangi Plastik dari Proses Hulu Hingga Hilir

KLHK: Produsen Wajib Kurangi Plastik dari Proses Hulu Hingga Hilir - klhk - www.indopos.co.id

Direktur Pengurangan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Vinda Damayanti. Foto: Dokumen INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Secara nyata perusahaan terus mengurangi penggunaan plastik dari proses hulu hingga hilir. Juga memastikan keamanan dan kenyamanan produk higenis bagi ibu dan bayi.

Pernyataan tersebut diungkapkan Head of Marketing, PZ Cussons Indonesia Riza Arief Rahman dalam keterangan, Kamis (11/5/2023). Perusahaan juga, menurut Arief, melakukan edukasi kepada masyarakat terkait pengurangan penggunaan plastik.

“Kami edukasi masyarakat bagaimana memilah sampah hingga menjaga kelestarian lingkungan,” katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Pengurangan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Vinda Damayanti mengapresiasi upaya keberlanjutan perusahaan terhadap lingkungan. Kebijakan tersebut sejalan dengan amanat Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.75 Tahun 2019 tentang Peta Jalan Pengurangan Sampah oleh Produsen (PermenLHK P.75/2019).

“Kami melihat secara nyata bahwa aturan dan kebijakan yang pemerintah dorong telah membuka jalan, peluang, dan sekaligus memberikan tantangan bagi para produsen membangun bisnis yang bertanggungjawab terhadap lingkungan hidup,” ungkapnya.

“Yakni bisnis berkelanjutan yang menyelaraskan antara profit dengan people dan planet, karena di masa yang akan datang hanya bisnis berkelanjutan (sustainable business) saja yang akan bertumbuh dan bertahan,” imbuhnya.

Ia mengatakan, saat ini penanganan sampah menjadi kompleks. Apalagi produksi sampah jenis menempati urutan kedua terbanyak. Pada 2020 lalu produksi sampah plastik 11 persen, dan naik 17 persen di 2021.

Diketahui, pengurangan penggunaan plastik dalam kemasan PZ Cussons berhasil melakukan pengurangan penggunaan plastik hingga 92 persen pada Cussons Baby Gift Box, pengurangan penggunaan plastik sebanyak 16 persen dari kemasan tisu basah, dan pengurangan penggunaan plastik 11 persen pada kemasan (doys plastic reduction). (nas)

Exit mobile version