Sasar Masyarakat NTT, GNLD Dukung Transformasi Digital di Indonesia

ntt

Masyarakat mengikuti program literasi digital. Foto: Kemkominfo untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores Laurentius D. Gadi Djou menjelaskan, tentang pentingnya literasi digital untuk mendukung transformasi digital dari sudut pandang akademisi.

Menurut dia, masyarakat Indonesia telah berada pada era digital yang membuat pergeseran pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam mengakses dan mendistribusikan informasi.

“Kita tahu sekarang ini dengan adanya digitalisasi akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari berbagai hal yang sebelumnya membutuhkan waktu atau usaha lebih untuk bisa mendapatkannya,” ujar Gadi dalam keterangan tertulis, Jumat (12/5/2023).

“Masyarakat Indonesia juga akan jadi lebih mudah dalam mengakses informasi melalui berbagai platform teknologi digital yang dapat menawarkan inovasi dari fitur-fitur pada medium komunikasi yang semakin interaktif,” tambahnya.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ende, Supriyanto yang menyampaikan bahwa tantangan masyarakat modern saat ini adalah penggunaan internet yang tidak terkontrol. Karena di saat yang sama tumbuh besarnya penggunaan teknologi digital membuka ruang penyalahgunaan teknologi dan komunikasi serta internet.

“Oleh karena itu, pemerintah harus berkolaborasi dengan masyarakat untuk membekali dan memberitahukan etika serta nilai-nilai kebenaran tanpa meninggalkan nilai-nilai budaya,” katanya.

“Juga dibutuhkan kampanye untuk menghilangkan kebiasaan negatif dari pengaruh penyebaran informasi yang bersifat pribadi di media sosial,” sambungnya.

Diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan kegiatan Pekan Literasi Digital bersama kelompok masyarakat.

Program tersebut salah satunya menyasar masyarakat di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan literasi digital tersebut untuk meningkatkan kapasitas literasi digital masyarakat umum dalam menggunakan teknologi digital dengan lebih optimal.

Dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya edukasi literasi digital untuk mendukung transformasi digital. (nas)

Exit mobile version