Adaptasi dengan Baik, Kegiatan Literasi Digital Sasar Lingkungan Sekolah

Adaptasi dengan Baik, Kegiatan Literasi Digital Sasar Lingkungan Sekolah - medsos sosmed - www.indopos.co.id

Ilustrasi sosial media. Foto: dokumen INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan kegiatan literasi digital di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan tersebut menyasar SMK di Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi kepada tenaga pengajar agar dapat berperan untuk meliterasi digital peserta didik. Sehingga mengenai penggunaan teknologi yang baik dan benar,” ujar Koordinator tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Kemkominfo Bambang Tri Santoso dalam keterangan, Sabtu (13/5/2023).

Dengan demikian, lanjut dia, siswa bisa berkontribusi dan beradaptasi terhadap digitalisasi di lingkungan sekolah. Survei Indeks literasi digital nasional Kemenkominfo menunjukkan literasi digital masyarakat Indonesia sedang, yakni 3.54 dari 5.00.

Ia menuturkan, program literasi digital tersebut dilakukan dengan sejumlah lembaga pendidikan dan sekolah di Indonesia. Agar siswa memahami 4 pilar utama literasi digital, di antaranya kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

“Teknologi informasi yang terus berkembang harus dibarengi dengan pemahaman secara bijak dalam penggunaannya,” ungkapnya.

Kemenkominfo, lanjut dia, mendukung pembangunan dan masyarakat yang cakap digital melalui pembangunan
infrastruktur internet yang berkecepatan tinggi. Untuk itu, kegiatan literasi digital perlu dilakukan secar masif, agar seluruh lapisan masyarakat terdampingi dengan baik.

“Kita harus berhati-hati di internet, apalagi sekarang sudah banyak teknologi AI (Artificial Intelligence) yang bisa memanipulasi sebuah informasi dan data dengan sangat mudah,” jelasnya.

“Maka dari itu, kita harus menjadi warga negara yang dewasa, bijak, dan dengan kegiatan literasi digital di sektor pendidikan,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version