Pengamat Siber CISSReC Sesalkan Penggunaan Bot saat War Tiket Coldpay Tak Dianggap Kejahatan

Pengamat Siber CISSReC Sesalkan Penggunaan Bot saat War Tiket Coldpay Tak Dianggap Kejahatan - coldplay 3 - www.indopos.co.id

Tangkapan layar pengumuman konser grup band Coldplay di GBK Senayan pada November 2023. Foto: Instagram/@pkentertainment.id

INDOPOS.CO.ID – Pakar keamanan siber dari Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) Pratama Persadha menyesalkan penggunaan bot saat rebutan atau war tiket konser Coldplay belakangan ini tak dianggap kejahatan yang dapat dihukum.

Asalkan selama calo tiket tersebut tidak melakukan pemaksaan pada saat penjualan tiket, serta tiket yang dijual merupakan asli. Berbeda dengan sejumlah negara yang bertindak tegas.

“Penggunaan bot untuk melakukan pembelian tiket dianggap ilegal di beberapa negara seperti Amerika setelah kongres menetapkan hukum public “BOTS” (Better Online Tiket Sales) pada tahun 2016,” kata Pratama melalui gawai, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Bahkan Uni Eropa menganggap, bahwa penggunaan bot untuk melakukan pembelian tiket adalah ilegal sejak tahun 2022. Sedangkan di Kanada meskipun tindakan pencaloan tiket dilarang, namun tidak diatur dalam Undang-Undang terkait penggunaan bot untuk pembelian tiket.

“Beberapa negara memberikan sanksi untuk calo, diantaranya adalah di Taiwan yang memberikan hukuman penjara 3 tahun serta denda sebesar 50 kali lipat dari harga tiket asli,” tuturnya.

Di Amerika sendiri syarat serta sanksi terhadap calo sangat bervariasi antar negara bagian, dengan hukuman maksimal adalah denda sebesar 1.000 USD dan/atau penjara maksimal 1 tahun.

“Kanada bahkan memberikan sanksi denda yang lebih besar lagi yaitu, 200.000 CAD untuk tindakan pencaloan yang dilakukan oleh korporasi dan melanggar hukum,” ujarnya.

Penggunaan bot biasanya dipergunakan para calo tiket untuk mendapatkan tiket yang dapat dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. “Hal ini, memang merugikan untuk calon pembeli tiket lainya,” keluhnya.

Presale tiket konser Coldplay bertajuk Music of The Spheres World Tour Jakarta dibuka pada Rabu, 17 Mei 2023 pukul 10.00 WIB. Banyak pihak berusaha mendapatkan tiket konser band tersebut sampai muncul istilah “war” memperebutkan tiket konser.

Sebagian netizen mengunggah di media sosial mereka, melihat orang yang menggunakan bot pada saat melakukan war, bahkan ada menggunakan bot untuk melakukan presale. (dan)

Exit mobile version