Sasar Pemilih Milenial, Kemkominfo Gandeng Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara Gelar Diskusi Publik

Forum-Diskusi-Publik

Forum diskusi yang digelar secara live streaming di Hotel Horizon, Padang Bulan, Distrik Heram, Kota Jayapura, Rabu (24/5/23).

INDOPOS.CO.ID – Dalam rangka melakukan sosialisasi terhadap partisipasi milenial pada Pemilu 2024 di era digital, Direktorat Jenderal Komunikasi dan Informasi Publik Kemenkominfo gandeng Ikatan Jurnalis Pelajar Nusantara (IJPN) menggelar forum diskusi publik.

Dengan menghadirkan narasumber dari pihak KPU, Bawaslu, Akademisi Sosiolog Universitas Cenderawasih (Uncen) serta IJPN, forum diskusi tersebut juga digelar secara live streaming di Hotel Horizon, Padang Bulan, Distrik Heram, Kota Jayapura, Rabu (24/5/23).

Direktorat Jenderal Informasi dan Kominfo Publik, Kementerian Kominfo, diwakili oleh Agus Tri Yuwono mengatakan, Pemilu 2024 mendatang akan menjadi kesempatan istimewa bagi warga negara dalam mewujudkan kehidupan demokrasi yang berkualitas.

Sehingga, kata Agus jika hasil positif 5 tahun ke depan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia maka, pemerintah perlu meningkatkan kualitas penyelenggaraan sebagai puncak pesta demokrasi yang akan dilaksanakan 2024 mendatang.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat pemilih adalah jumlah pemilih yang begitu besar, baik yang berada di dalam negeri maupun yang berada di luar negeri.

“Pemerintah perlu mendukung penyelenggara Pemilu untuk membangun kesadaran masyarakat yang memiliki hak pilih untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu 2024 nanti sehingga bangsa Indonesia menikmati perkembangan pesta demokrasi yang melahirkan pemimpin yang diharapkan dan didukung rakyatnya,” tukasnya.

Agus menyampaikan bahwa menjelang Pemilu 2024 potensi jumlah pemilih terbesar adalah kelompok pemilih pemula dan generasi muda.

“Angkanya mencapai separuh dari total pemilih, yaitu 110 juta dari 204.656.053 WNI yang bersumber dari DP4 yang diterima KPU RI dari Kementerian Dalam Negeri, 14 Desember 2022. Menjelang Pemilihan Umum 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IJPN, Roberthus Yewen menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggara serta penting adanya literasi politik tentang pemilu 2024 kepada kelompok milenial.

“Melalui kegiatan ini dapat memberikan pencerahan, dan semangat bagi para kelompok milenial, sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pemilu yang aman, nyaman, damai dan sukses di tanah Papua,” Harapnya.

Kata Yewen, tentu dukungan ini tidak terlepas dari Instruksi Presiden nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Terima kasih kepada seluruh perwakilan pemuda, mahasiswa dan pelajar dari sekolah-sekolah yang sudah mengambil bagian dalam diskusi ini. Kita yakin dan percaya dengan diskusi ini, maka seluruh milenial memiliki tanggung jawab moral dalam membantu penyelenggara untuk mensukseskan pemilu di tanah Papua tahun 2024,” ujarnya. (adv)

Exit mobile version