Jubir Haji: Yang Wafat Jadi 2 Orang, yang Sakit 51 Jamaah

Akhmad-Fauzin

Jubir Haji Kementerian Agama Akhmad Fauzin Foto: Kemenag untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Jamaah haji sakit saat ini sebanyak 51 orang. Sebanyak 38 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, 13 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Madinah.

Pernyataan tersebut diungkapkan Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Kementerian Agama (Kemenag) Pusat Akhmad Fauzin di Jakarta, Minggu (28/5/2023).

Sementara itu, menurut Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kemenag ini, jamaah wafat bertambah 1 orang atas nama Achmad Suhadak Ridwan. Jamaah tersebut tergabung dalam kloter 3 Embarkasi Surabaya (SUB) 9.

“Sampai hari ini, total jamaah yang wafat berjumlah 2 orang,” ungkapnya.

“Jamaah yang wafat disalatjenazahkan di Masjid Nabawi dan dimakamkan di Baqi. Sesuai ketentuan, jamaah yang wafat akan dibadalhajikan,” imbuhnya.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga hari ini, Minggu, 28 Mei 2023 pukul 11.10 WIB, jamaah yang sudah terbang ke Tanah Suci berjumlah 27.952 orang atau 73 kelompok terbang (kloter), yang sudah tiba di Kota Madinah berjumlah 24.157 orang atau 63 kloter. Data tersebut khusus jamaah di luar petugas kloter.

“Mengingat cuaca dan terik matahari, pastikan saat ziarah membawa alat pelindung diri seperti payung, topi agar tidak terpapar panas langsung matahari,” ujarnya.

Ia menambahkan, jamaah agar membawa air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Selalu berkoordinasi dengan ketua kloter, ketua rombongan, dan regu masing-masing.

“Tetap berkelompok, jangan memisahkan diri dari rombongan,” katanya.(nas)

Exit mobile version