Usai Airlangga-Zulhas Bertemu di Amerika, Golkar Siap Mantapkan Pertemuan Dengan PAN di Jakarta

Airlangga-dan-Zulhas

Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Saat Bertemu dengan Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Amerika Serikat. (foto: twiter @airlangga_hrt)

INDOPOS.CO.ID – Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Dolli Kurnia mengakui bahwa pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) di Amerika Serikat juga terkait rencana pembentukan poros baru untuk Pilpres 2024.

Menurutnya, partai Golkar hingga saat ini membuka diri dengan partai manapun untuk berkoalisi, khususnya untuk meloloskan Airlangga menjadi calon presiden.

“Sesuai amanat Munas dan Rapimnas, Partai Golkar mendorong Pak Airlangga jadi capres. Pak Airlangga pun intensif melakukan pertemuan dengan berbagai ketua umum, termasuk dengan Pak Zulkifli Hasan yang kemarin juga bertemu di Amerika,” kata Ahmad Doli Kurnia di sela-sela acara jumpa pers pelaksanaan Rakernas Gedung DPP Golkar, Minggu (28/5/2023).

Ia pun mengungkapkan partainya dimungkinkan melakukan pematangan koalisi bersama PAN.

“Setelah kepulangan dari Amerika recananya pimpinan Partai Golkar akan bertemu Pimpinan PAN untuk memperkuat koalisi. Baik itu memperkuat KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) ataupun membangun poros koalisi keempat,” jelasnya.

Diketahui, hingga saat ini koalisi pencapresan baru terbentuk tiga, yaitu koalisi yang mencalonkan Capres Ganjar Pranowo oleh PDIP yang juga didukung oleh PPP yamg saat ini masih tergabung di KIB bersama Golkar dan PAN. Sedangkan Koalisi Indonesia Raya yang terdiri dari Gerindra dan PKB mengusung Prabowo Subianto. Lalu ada Koalisi Perubahan yang menconkan Anies Baswedan yangbtesiri atas Partai Nasdem, Demokrat dan PKS.

Sebelumnya, Ketua DPP PAN Saleh Daulay juga menjelaskan pertemuan Airlangga-Zulhas di Amerika di sela-sela acara acara Indo-Pacific Economic Framework Ministerial Meeting (IPEF-MM) juga membicarakan koalisi poros baru.

“Itu adalah pertemuan dua menteri Kabinet Jokowi yang kebetulan sama-sama sedang hadir di forum internasional. Pertemuan itu saya ketahui membahas berbagai isu kenegaraan. Yang saya yakini tentunya terkait pemilu 2024 dimana internal PAN mendorong adanya duet Airlangga-Zulhas sebagai poros keempat nantinya,” kata Saleh kepada INDOPOS.CO.ID.

Momen pertemuan itu dibagikan di akun twitter pribadi Airlangga Hartarto, @airlangga_hrt, Jumat (26/5/2023). (dil)

Exit mobile version