Indonesia Dorong Inovasi dan Kerja Sama dalam Penerapan CCS

Menko-Bidang-Kemaritiman-dan-Investasi

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Humas Kemenko Marves untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada 2060. Pemerintah berencana melakukan berbagai upaya untuk mengatasi perubahan iklim.

Dalam rangka itu, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan dukungan terhadap Indonesia Carbon Capture and Storage Center (ICCSC). ICCSC merupakan organisasi baru yang mengembangkan solusi inovatif untuk pengembangan CCS, percepatan transisi energi, dan pembangunan iklim yang optimal.

“Ini untuk mencapai tujuan besar kita menjadikan Indonesia sebagai CCS Hub di regionsl,” jelas Luhut dalam acara Grand Launching of the International and Indonesia CCS Forum 2023 and Launching of ICCS, di Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Luhut juga menyampaikan pemerintah akan terus mendorong inovasi, investasi, dan kerja sama dalam penerapan CCS guna meningkatkan efektivitas dan pertumbuhan CCS di Indonesia. Pemerintah juga menyadari CCS akan menjadi jalan baru dalam pengembangan bisnis rendah karbon di masa depan, termasuk dalam pengembangan hidrogen, amonia biru dan hijau, serta metanol biru dan hijau.

Beberapa faktor penting yang membutuhkan kolaborasi dari semua pihak termasuk pengaturan dan kebijakan, infrastruktur dan teknologi, keuangan dan pembiayaan, serta kesadaran dan dukungan masyarakat.

“Untuk itu, inisiasi dan penyelenggaraan acara _International and Indonesia CCS Forum 2023_ diharapkan dapat mencapai tujuan yang telah disebutkan sebelumnya sebagai tempat berkumpul dan katalisator dalam penerapan CCS. Saya berharap semua penyelenggara tetap bersemangat dan berkomitmen tinggi dalam persiapan kegiatan IICCS Forum 2023,” tutur Luhut.

Indonesia memiliki potensi besar dalam kapasitas penyimpanan CO2. Berdasarkan beberapa penelitian, kapasitas yang dimiliki Indonesia bisa mencapai 400 Gt untuk penerapan teknologi CCS. Dengan demikian, terdapat potensi bisnis dan investasi yang besar bagi Indonesia, sekaligus peran CCS dalam mengurangi emisi karbon. (ney)

Exit mobile version