Kemenkes Targetkan Transformasi Digital Teknologi Kesehatan di 2024

Kemenkes Targetkan Transformasi Digital Teknologi Kesehatan di 2024 - nakes 2 - www.indopos.co.id

Ilustrasi tenaga kesehatan. (dokumen INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan, Arianti Anaya mengatakan, upaya yang perlu dilakukan saat ini adalah transformasi kesehatan. Yakni salah satunya transformasi digital teknologi kesehatan yang diharapkan bisa dicapai pada 2024 nanti.

“Transformasi diharapkan menghasilkan SDM-SDM yang memiliki kemampuan digital. Kita berharap Literasi Digital dapat mengakses, memahami, dan mengkomunikasikan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Arianti Anaya dalam keterangan, Selasa (30/5/2023).

“Literasi digital merupakan hal baru yang perlu dipahami untuk mendukung semua kegiatan kesehatan,” imbuhnya.

Arianti menambahkan bahwa program literasi digital menjadi kesempatan untuk meningkatkan kompetensi SDM Kemenkes RI. Dia berharap organisasi profesi melakukan persiapan setelah mendapatkan pembekalan.

“Tentunya kita akan bekerjasama dengan Kemenkominfo, sehingga tenaga kesehatan kita bisa terus mengasah kompetensi digitalnya,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pemerintahan Niki Maradona mengatakan, bahwa dunia digital harusnya berdampak positif. Bila ada yang tidak demikian, maka ada yang perlu dibenahi.

“Teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat. Namun, Nakes harus memiliki literasi digital yang baik untuk menghadapi tantangan dan risiko yang muncul,” kata Niki Maradona.

Menurut dia, literasi digital sektor pemerintahan sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi yang menunjang tugasnya pada instansi masing-masing.

“Melalui penyampaian materi literasi digital penting untuk meningkatkan kompetensi untuk meningkatkan pelayanan publik,” katanya. (nas)

Exit mobile version