Lestarikan Seni Budaya, Dompet Dhuafa Bina Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti

duafa

INDOPOS.CO.ID – Press Tour Dompet Dhuafa bertajuk “Jurnalis Dolan Ning Sematang” terus berlanjut, Selasa (30/5). Destinasi kedua yang disambangi adalah Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti yang berada di Semarang, Jawa Tengah.

Program Serambi Budaya merupakan salah satu program Dompet Dhuafa yang berfokus pada upaya pelestarian budaya dan tradisi Indonesia. Program ini bekerja sama dengan Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti, sebuah perkumpulan yang bergerak di bidang seni pertunjukan, seperti tari tradisional, perwayangan dan karawitan yang berdiri sejak 5 Maret 1920.

Saat menyambut peserta “Jurnalis Dolan Ning Sematang”, Zaini Tafrikhan, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Tengah (Jateng) mengatakan bahwa kerja sama ini dilakukan demi melestarikan budaya dan merawat seni budaya Jawa.

“Salah satu dari lima pilar Dompet Dhuafa adalah Dakwah dan Budaya, Dompet Dhuafa Jawa Tengah menginisiasi dan mendampingi program Dakwah dan budaya salah satunya adalah Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti. Sejak tahum 2022 kami mulai mendampingi Sobokartti,” ungkap Zaini.

Dalam kunjungan tersebut peserta “Jurnalis Dolan Ning Sematang” disambut dengan tari Gambyong.

Bapak Darmadi Kepala Seksi Tari Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti mengatakan tari Gambyong merupakan salah satu bentuk tarian Jawa klasik yang berasal-mula dari wilayah Surakarta dan biasanya dibawakan untuk pertunjukan atau menyambut tamu.

“Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti sebagai wadah atau tempat kegiatan seni budaya seperti tari, karawitan dan dalang,” ujar Darmadi.

“Nama Sobokartti dari Bahasa Jawa Kuno yaitu Sabha yang berarti tempat atau ruang pertemuan dan Kirti yang berarti perbuatan baik,” lanjut Darmadi.

“Bentuk kolaborasi Dompet Dhuafa dengan Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti adalah Dompet Dhuafa memberi dukungan operasional kepada para pelatih atau instruktur yang ada di Sobokartti setiap bulannya,” kata Zaini.

“Dengan adanya dukungan tersebut diharapkan kehidupan para pelatih atau instruktur di Sobokartti penghasilannya semakin bertambah sekaligus menyejahterakan dari sisi pelestarian budaya yang ada di Jawa Tengah. Target kami dengan teman-teman di Sobokartti bisa mensyiarkan dakwah melalui budaya. Kami juga sebisa mingkin melibatkan teman-teman di Sobokartti untuk bisa tampil sesuai dengan kultur dari Dompet Dhuafa. Budayanya tetap jalan dan dan isinya insyaallah penuh dengan dakwah,” tutup Zaini. (adv)

Exit mobile version