Lakukan Ritual Pradaksina, Umat Berharap Waisak 2567 BE Mampu Pererat Toleransi Umat Beragama

Prosesi-ritual-Pradaksina

Prosesi ritual Pradaksina di Vihara Buddha Tidur Foto: Nasuha/ INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Umat Buddha hari ini merayakan Hari Raya Waisak 2567 BE. Nampak sejak pagi hingga siang umat Buddha melakukan ritual sembahyang di Vihara Buddha Dharma dan 8 Pho Sat atau yang dikenal Vihara Buddha Tidur.

“Kami melakukan ritual Pradaksina untuk merayakan Hari Raya Waisak,” ungkap Pengurus Vihara Buddha Tidur Andrean Halim kepada INDOPOS.CO.ID, Minggu (4/6/2023).

Ia menuturkan, sejak pagi umat berdatangan dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Ritual Pradaksina, menurut dia, dilakukan di depan altar Patung Buddha Tidur.

“Sebagai ritual Pradaksina dilakukan oleh anak-anak,” katanya.

Ia berharap, dengan perayaan Waisak tahun ini bisa memperkuat toleransi umat beragama, khususnya umat Buddha. “Seperti tema perayaan Waisak tahun ini, kami berharap bisa mempererat toleransi umat,” ucapnya.

Andrean menambahkan, pada perayaan Waisak tahun ini Vihara Buddha Tidur juga menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat di sekitar Vihara. “Kami juga memberikan tempat kepada UMKM untuk memeriahkan Waisak di depan Vihara,” katanya.(nas)

Exit mobile version