Jokowi Berikan Bonus Rp289 Miliar untuk Ratusan Atlet SEA Games 2023

Presiden-RI

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan soal pemberian bonus atlet SEA Games 2023 di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bonus ratusan miliar rupiah kepada seluruh atlet, pelatih dan ofisial yang meraih medali pada SEA Games 2023 Kamboja. Total hadiah yang diberikan ada Rp289 miliar.

Perolehan medali emas Indonesia di ajang multi-olahraga dua tahun itu mengejutkan, karena mampu melampaui target yakni sebanyak 89 medali. Padahal Jokowi hanya memberikan target 69 medali emas.

“Jadi (saya-red) berpikir, bonusnya jadi gede banget. Kita hitung-hitung totalnya Rp289 miliar untuk atlet, asisten pelatih, semua diberikan,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Torehan prestasi di bidang olahraga itu membuatnya bahagia. Apalagi cabang olahraga sepak bola telah berpuasa juara SEA Games selama 32 tahun.

Di samping itu, paing mengagetkan ialah cabang olahraga basket putri karena belum pernah dapat medali emas selama 64 tahun.

“Semua baik, yang dapat (medali) emas, perak, perunggu,” ucap Jokowi.

Ia mengapresiasi seluruh capaian para atlet dalam SEA Games 2023. Total ada 87 medali emas, 80 medali perak dan 109 perunggu.

“Atas nama masyarakat, atas nama rakyat, atas nama bangsa, atas nama negara saya menympaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besar atas perjuangan saudara-saudara semuanya,” tutur Jokowi.

Kontingan Indonesia menjadi juara umum SEA Games 2023 untuk delapan cabang olahraga (cabor), antara lain bulu tangkis mengumpulkan 5 medali emas, 3 perak dan 3 perunggu. Cabor angkat besi 5 emas, 2 perak dan 4 perunggu, cabor balap sepeda meraih 5 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Selain itu, cabor tenis merengkuh 4 medali emas, 2 perak dan 3 perunggu. Cabor Esports meraih 3 medali emas, 2 perak, voli berhasil mengumpulkan 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Cabor pencak silat berhasil meraih 9 medali emas, 6 perak dan 1 perunggu. Serta cabor wushu sukses menggondol 6 medali emas, 6 perak dan 2 perunggu.(dan)

Exit mobile version