Mitigasi Konflik dengan Warga, TSI Bantu BKSDA Jabar Evakuasi 5 Buaya dari Ciamis dan Cirebon

tsi

INDOPOS.CO.ID – Semangat Taman Safari Bogor untuk berkomitmen di bidang konservasi satwa-satwa liar di Indonesia kembali ditunjukkan. Kali ini, Taman Safari Bogor membantu Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Barat mengevakuasi 5 ekor buaya dari Ciamis dan Cirebon.

“Kelima ekor buaya liar ini dievakuasi dari pemukiman warga Ciamis dan Cirebon. 3 ekor dari Ciamis dan 2 ekor dari Cirebon. Dievakuasi ke Taman Safari Bogor sebagai upaya konservasi satwa liar untuk menghindari konflik dengan warga,” ungkap Head of Kurator Satwa Taman Safari Bogor, Imam Purwadi, Kamis (8/6/2023).

Imam mengatakan, proses evakuasi kelima ekor buaya ini berjalan dengan lancar dan aman dengan monitoring langsung BKSDA Jawa Barat.

“Perlu dicatat bahwa evakuasi ini dilakukan dibawah pengawasan dan permintaan BKSDA Jabar,” ungkap Imam.

Taman Safari Bogor, kata Imam, dipilih BKSDA Jabar sebagai instansi untuk evakuator dan rehabiliator satwa buaya dari Ciamis dan Cirebon karena memiliki kesiapan sarana dan prasarana pendukung.

“TSI dipilih karena kesiapan sarpras pendukung. Sementara kelima ekor buaya ini kami rehabilitasi di dalam penangkaran buaya Taman Safari Bogor,” tandas Imam. (srv)

Exit mobile version