DPR Imbau Ibadah Haji Tahun Depan Dapat Ditangani Profesional

haji

Jamaah haji. (istimewa)

INDOPOS.CO.ID – Sengkarut pelaksanaan haji 2023 yang mendapat sorotan banyak pihak, salah satunya Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad yang menilai perlu ada perbaikan pengelolaan haji di masa mendatang.

Menurutnya, perbaikan dan penanganan lebih profesional diperlukan karena jemaah haji Indonesia begitu banyak, sedangkan fasilitas yang tersedia di sana terbatas.

“Saya rasa ada baiknya di tahun-tahun mendatang ditangani oleh yang lebih profesional agar segala sesuatu yang belum sempurna bisa disempurnakan,” kata Dasco dalam keterangan yang diterima pada Jumat (30/6/2023).

“Saya melihat bahwa karena jemaah Indonesia itu banyak sekali, dan juga fasilitas yang ada di sini memang terbatas,” ujarmya.

Hal tersebut juga disampaikan setelah menemukan beberapa hal yang dialami jemaah haji Indonesia, seperti soal minimnya toilet serta tenda yang begitu sesak.

Dasco dan rombongan disebut berkunjung ke Maktab 48 yang ditempati jemaah dari wilayah Jakarta dan Banten. Di bawah terik matahari yang lebih dari 40 derajat Celsius, Dasco dan rombongan membuka tenda, meninjau toilet, dan berinteraksi dengan jemaah.

Jemaah mengadukan sejumlah masalah di Maktab kepada Dasco, seperti toilet yang mampet, antrean panjang hingga soal sesaknya tenda.

Dari Maktab 48, Dasco dan para anggota Timwas Haji DPR berkunjung ke Maktab 42 yang ditempati jemaah asal Jawa Timur dan Aceh. Di sana, mereka juga mengecek tenda, toilet, dan fasilitas kesehatan.

Mereka menemukan banyak jemaah haji perempuan yang menggelar kasur di samping toilet karena tenda yang begitu sesak dan tidak mendapatkan tempat. Ada pula jemaah yang tak dapat makanan sejak Rabu (28/6) malam. (dil)

Exit mobile version