Dompet Dhuafa Ajak 100 Dokter Relawan Gelar Khitan Massal dan Layanan Kesehatan di NTT

Dompet Dhuafa Ajak 100 Dokter Relawan Gelar Khitan Massal dan Layanan Kesehatan di NTT - dd 8 - www.indopos.co.id

Melalui DD Healthcare dan DD Klinik Kupang, Dompet Dhuafa bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar aksi khitanan massal dan layanan kesehatan gratis di lima wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Dompet Dhuafa

INDOPOS.CO.ID – Melalui DD Healthcare dan DD Klinik Kupang, Dompet Dhuafa bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar aksi khitanan massal dan layanan kesehatan gratis di lima wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Aksi tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia sekaligus Milad ke-30 Tahun Dompet Dhuafa yang dikemas dalam Program Cuti Berbagi.

Pada pelaksanaannya, program ini berlangsung dalam 2 tahap. Tahap pertama telah terlaksana pada 6-8 Juli 2023 di dua titik, yakni Kupang dan Timor Tengah Selatan (TTS). Selanjutnya, tahap kedua akan dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu di Alor, Rote, dan Flores Timur pada Desember 2023 mendatang.

Program Cuti Berbagi ini memiliki nilai berbagi sebesar Rp900 ratus ribu. Selain untuk aksi layanan, besaran nilai tersebut juga sudah termasuk turut berwakaf berupa alat kesehatan untuk sunat.

Para dokter dari berbagai daerah tampak antusias menjalankan tugas relawan di tengah masyarakat Kupang dan TTS. Setelah mendarat sempurna di titik kumpul, yaitu Bandara Internasional El Tari Kupang, pada Kamis (6/7/2023), para dokter relawan langsung bergegas menyiapkan aksi yang dibantu juga oleh Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) NTT.

Sambutan masyarakat setempat begitu hangat. Melalui Program Cuti Berbagi ini, lebih dari 200 penerima manfaat yang terdiri dari anak-anak dan dewasa mualaf berhasil mendapatkan layanan sunat gratis. Selain itu, ada pula 250 keluarga duafa yang menjadi penerima manfaat dari aksi layanan kesehatan berupa pengobatan gratis.

Turut hadir dalam pembukaan Program Cuti Berbagi pada Kamis (6/7/2023) di halaman Masjid Nurul Qomar Taehue, yaitu perwakilan IDI Wilayah NTT, Ketua IDI Cabang Kupang, Dompet Dhuafa Kupang, juga Kepala Kelurahan Nunhila beserta warga sekitar.

Kepala Kelurahan Nunhila, Eben Hajer Kanajara menyampaikan apresiasi mendalam kepada Dompet Dhuafa serta pihak-pihak yang terlibat dalam Program Cuti Berbagi di NTT.

“Sepanjang pemerintahan saya, sudah dua kali DD Klinik mengadakan kegiatan layanan khitan gratis untuk masyarakat. Tentu saja, hal ini sangat membantu masyarakat kami yang membutuhkan layanan, namun tidak mampu mengaksesnya. Hal yang paling penting adalah layanan yang diberikan Dompet Dhuafa ini telah mampu menghilangkan sekat-sekat yang ada dalam masyarakat,” kata dia, dalam sambutannya.

dr Moh Fachrurrozy Basalamah, selaku perwakilan Pengurus Besar (PB) IDI Pusat, mengatakan, program ini adalah bentuk pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

“Mengambil momen libur sekolah agar para dokter langsung bersentuhan dengan masyarakat sebagai rasa kepedulian, kedekatan sampai ke pelosok,” ungkap Sekretaris Bidang Puskrikes dan Pengmas PB IDI tersebut.

Sementara itu, di lain kesempatan, Etika Setiawanti selaku Direktur Mobilisasi dan Sumber Daya Dompet Dhuafa menjelaskan bahwa Program Cuti Berbagi ini khusus dibuka untuk para relawan dokter dari seluruh Indonesia. Jadi selain sebagai liburan, cuti mereka juga dapat lebih bermanfaat. Apalagi biaya yang mereka bayarkan juga bernilai wakaf yang insyaallah pahalanya tidak akan terputus selama asetnya terus dimanfaatkan.

“Ikut Program Cuti Berbagi bagi dokter volunteer ini sekaligus telah berwakaf untuk pengadaan alat kesehatan untuk sunat bagi masyaralat duafa. Melalui program ini, Dompet Dhuafa mencari dokter-dokter untuk ikut berkolaborasi atas kepedulian terhadap kesahatan masyarakat duafa yang berada di kawasan-kawasan terpencil di Indonesia timur,” jelasnya. (adv)

Exit mobile version