Anggota Bawaslu Kab/Kota se-Indonesia Dilantik dan Disumpah, Melanggar Siap Dipidana

Anggota Bawaslu Kab/Kota se-Indonesia Dilantik dan Disumpah, Melanggar Siap Dipidana - bawaslu 1 - www.indopos.co.id

Pelantikan dan Pembacaan sumpah anggota Bawaslu kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk periode 2023-2028, di Hotel Pullman, Jakarta, Sabtu (19/8/2023) malam. Foto: dok indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia melantik dan membaca sumpah anggota Bawaslu kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk periode 2023-2028, malam ini di Hotel Pullman, Jakarta, Sabtu (19/8/2023).

Dalam pelantikan tersebut, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja memimpin sumpah jabatan agar seluruh anggota Bawaslu amanah dalam jabatannya dengan berjanji kepada Tuhan.

“Sumpah janji ini adalah janji terhadap Tuhan dan manusia. Untuk menjalankan tugas sebaik mungkin. Dan memenuhi tugas sebagai anggota Bawaslu sesuai perautaran UU dan berpedoman dengan Pancasila dan UUD1945,” ucap Rahmat Bagja yang dikuti pembacaan sumpah oleh 1,912 anggota Bawaslu Kab/Kota yang dilantik ini.

Dalam menghadapi Pemilu 2024, Bagja pun meminta setelah dilantik seluruh anggota Bawaslu di kabupaten/kota yang baru ini dapat

“Saya tekankan dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan Sungguh jujur, dil dan cermat serta mengutamakan kepentingan negara dan persatuan Republik Indonesia, daripada kepentingan pribadi atau golongan,” ujatmya.

Lebih lanjut, seluruh angota Bawaslu ini pun diminta patuh terhadap pakta integritas yang salah satunya adalah siap diberi sanksi jika melanggar dalam menjalankan tugas.

“Apabila kami melanggar, kami bersedia dikenakan sanksi moral, administrasi dan ganti rugi serta pidana. Sesuai peaturan perundangan yang berlaku,” ucap Bagja sambil menutup prosesi pelantikan tersebut.

Berdasar pengamatan Indopos.co.id pelantikan anggota Bawaslu kab/kota ini juga disaksikan secara langsung oleh Ketua KPU RI Hasyim Ashari serta sejumlah pimpinan DKPP RI.

Ribuan anggota Bawaslu yang dilantik inipun diwajibkan memakai pakaian adat sesuai daerahnya masing-masing. Momen inipun mendapat penghargaan masuk dalam Museum Record Dunia yang diserahkan langsung oleh Jaya Suprana kepada Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja. (dil)

Exit mobile version