HUT ke-78 RI, Papua Telah Melangkah Lebih Sejahtera

HUT ke-78 RI, Papua Telah Melangkah Lebih Sejahtera - papua - www.indopos.co.id

Warga Papua merayakan HUT ke-78 Republik Indonesia. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Deputy Secretary General Confederation of the ASEAN Journalists Dar Edi Yoga mengatakan, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia menjadi momen untuk masyarakat Papua yang telah melangkah ke arah kesejahteraan.

Skema untuk mewujudkan Papua yang sejahtera harus dengan manajemen pembangunan, yang baik dan disukung semua elemen masyarakat Papua.

“Bahwa Papua telah melangkah sangat jauh, menjadi lebih maju dan lebih sejahtera,” kata Yoga dalam keterangannya, Sabtu (19/8/2023).

Mengelola hubungan yang baik antara pemerintah Jakarta dan pemerintah daerah di Papua ke depan, harus mengarah pada dua kesepakatan, yaitu mendukung percepatan pembangunan kesejahteraan, serta mengurangi aksi gangguan keamanan dan aksi terorisme di Papua.

“Yakinlah, pemerintah Indonesia selalu memikirkan Papua yang merupakan bagian dari NKRI,” ucap Yoga.

Sejauh ini, pemerintah telah menampilkan peran penyeimbang yang kuat di Papua, bukan hanya prestasi kebijakan luar negeri namun prestasi pembangunan yang telah diraih Papua.

Diukur dalam rentang perhatian pemerintah yang dihabiskan membangun Papua, dihadapkan dengan waktu yang dikombinasikan dengan agenda berfokus untuk keadilan dan kesejahteraan di Papua untuk terus tumbuh.

“Apa yang bisa kita lihat di Papua adalah lompatan besar, untuk mengatasi kemiskinan dan kesejahteraan Papua,” ujar Yoga.

HUT ke-78 Republik Indonesia, menjadi hari kemerdekaan rakyat Papua yang dijajah Bangsa Belanda dan pada tanggal 17 Agustus 1945 dibebaskan para pejuang Papua, yang terafiliasi dengan para pejuang Merah Putih di pulau lain. “Papua adalah Indonesia. Sa Papua, Sa Indonesia,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version