Pentingnya Pemahaman Konsep Materi Bagi Siswa, Ini Salah Satu Manfaatnya

Pentingnya Pemahaman Konsep Materi Bagi Siswa, Ini Salah Satu Manfaatnya - ujian - www.indopos.co.id

Ilustrasi ujian berbasis tes. (Kemdikbudristek untuk INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Data survei Zenius siswa dengan pemahaman dasar yang baik memiliki peluang lebih besar untuk lolos seleksi nasional berbasis tes (SNBT) ujian tertulis berbasis komputer (UTBK).

“Sejak awal kami sudah menekankan pentingnya pemahaman konsep dari pada hafalan, atau menjadikan siswa cerdas beneran,” ungkap Founder dan CEO Zenius Sabda PS di Jakarta , Senin (21/8/2023).

Dengan memiliki pemahaman konsep yang lebih baik, menurut dia, siswa akan lebih mudah untuk mengerjakan soal apa pun, dan tidak akan mudah untuk terkecoh soal. “Dari survei kami, 411 atau 78,7 persen di antaranya menyatakan lolos SNBT 2023,” ujarnya.

Menariknya, lanjut dia, rata-rata siswa yang telah terdaftar telah terdaftar dari kurang lebih 3 tahun yang lalu. Artinya, mereka fokus untuk lolos ke SNBT sudah melakukan persiapan sejak kelas 10 atau kelas 11.

“Hasil tim riset kami, siswa yang lolos SNBT tahun ini menghabiskan waktu lebih banyak untuk menonton video dan mengikuti sesi live class di platform Zenius dari mereka yang tidak lolos,” ungkapnya.

“Sebanyak 78,7 persen siswa yang lolos rata-rata menonton 414 video pembelajaran dalam 3 tahun terakhir. Jumlah tersebut lebih banyak dari pada siswa yang tidak lolos, yang hanya menonton 350 video pembelajaran,” imbuhnya.

Sementara itu, masih ujar dia, secara rata-rata siswa yang lolos juga mengikuti live class lebih banyak dari pada yang tidak lolos. Siswa yang lolos mengikuti 49 kali live class, sementara yang tidak lolos mengikuti 38 sesi live class dalam 3 tahun terakhir.

“Live class adalah sesi kelas online dan interaktif di mana siswa bisa memiliki beberapa subjek pelajaran,” terangnya.

“Siswa-siswa yang lebih menguasai konsep materi dengan menonton video dan mengikuti live class lebih sering, memiliki nilai yang lebih baik dari pada mereka yang tidak,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version