1.679 Personel Polri Dikerahkan Lakukan Pengamanan Rolakir Selama KTT ASEAN Jakarta

polisi

Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Fadil Imran (pakai topi), usai pimpin apel Kesiapan pengamanan pengawalan rute lalu lintas dan parkir (Pamwal Rolakir) ASEAN Summit ke-43 di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2023). Foto: Dokumen Mabes Polri

INDOPOS.CO.ID – Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Fadil Imran mengerahkan ribuan personel aparat untuk pengamanan pengawalan rute lalu lintas dan parkir (Pamwal Rolakir) Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta.

Pengamanan rute lalu lintas dan parkir kegiatan tersebut berada di bawah satgas operasi di Tri Brata Jaya.

“Sebagai kasatgas, hari ini kami ingin memastikan bpersiapan personel kesiapan perlengkapan siap untuk mengawal jalannya ASEAN summit ke-43,” ujar Fadil saat apel Kesiapan Pamwal Rolakir ASEAN Summit ke-43 di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2023).

Adapun personel yang dilibatkan dari Korps Lalu Lintas Polri sebanyak 1.679 personel. Terdiri dari personel Korlantas Polri, personel Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, personel Ditlantas Polda Banten, personel Lantas Polda Jawa Barat dan beberapa Polda lainnya.

Sedangkan kendaraan yang dilibatkan yang pertama Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ada 60 roda empat listrik, 66 roda dua listrik yang kedua untuk delegasi ada 35 roda empat fosil dan 25 roda dua fosil.

Dalam kegiatan tersebut, Polri memberikan bantuan personel yang akan melakukan pengawalan VVIP atau ketua delegasi pimpinan negara yang akan berkoordinasi.

Sekaligus melekat dengan Paspampres sebanyak 176 anggota lalu lintas plus kendaraannya akan melekat, dengan Paspampres di bawah kendali Paspampres melakukan pengawalan terhadap VVIP.

“Kegiatan hari ini menjadi awal, agar semua rangkaian kegiatan ASEAN summit yang akan berlangsung mulai tanggal tanggal 5 sampai 7 (September) bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Operasi pengamanan akan dimulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 8 September 2023. (dan)

Exit mobile version