Ingin Sukses Podcast di Media Sosial? Simak Tips Pakar Berikut Ini

Ingin Sukses Podcast di Media Sosial? Simak Tips Pakar Berikut Ini - Disabilitas netra edukasi podcast - www.indopos.co.id

Disabilitas netra mengikuti edukasi podcast. Foto: Kemkominfo untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Di era digital saat ini siapapun memiliki kesamaan untuk mengembangkan potensinya, tak terkecuali penyandang disabilitas.

Podcaster Netra dan Trainer Disabilitas, Albert Wijaya mengatakan, podcast bisa menjadi sarana produktivitas dalam pembuatan konten bagi teman-teman disabilitas netra.

“Podcast itu platform konten audio yang berguna banget buat kita, karena hanya mengandalkan pendengaran aja. Jadi disabilitas netra tetap bisa berkreasi di ruang digital,” kata Albert Wijaya dalam keterangan, Kamis (31/8/2023).

Menurut dia, disabilitas netra bisa manfaatkan podcast untuk membuat konten-konten yang bisa meningkatkan produktivitas. Untuk itu, butuh pemilihan tema hingga sub-tema utama dalam pembuatan podcast. “Ini tujuannya untuk mempertahankan episode podcast yang akan berkelanjutan,” katanya.

“Nentuinnya gampang banget, dimulai dari hal-hal yang kita tau dan kita kuasain atau bisa dimulai dari hobi temen-temen. Kemudian temen-temen pecah tema utama tadi jadi kesub-tema, ini berguna agar kalian nggak bingung pas mau bikin podcast untuk episode-episode selanjutnya,” imbuhnya.

Hal yang sama diungkapkan Podcaster dan Trainer Audio Story Telling dan Co-Founder Paberik Soeara Rakjat, La Rane Hafied Gany. Ia menjelaskan, storytelling atau bercerita adalah konten podcast yang menarik untuk didengar oleh audiens, sehingga audiens tetap mendengarkan podcast hingga akhir.

“Jadi esensi atau inti dari podcast itu adalah bercerita, coba bayangkan kalau dengerin orang cerita lewat podcast kan seakan-akan kayak bercerita langsung dengan kita,” katanya.

“Nah itu menjadi alasan kenapa bercerita itu bisa jadi cara konten bisa menarik audiens atau para pendengar buat tetep dengerin podcast kita sampai selesai,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, bercerita itu penting untuk mengkomunikasikan sesuatu kepada orang lain untuk didengarkan melalui podcast. Tetapi untuk menjamin bahwa orang lain mendengarkan podcast, ditekankan membuat cerita menjadi menarik.

“Ada 3 hal yang perlu diperhatikan kalau kalian ingin bercerita di podcast, untuk apa, untuk siapa, dan bagaimana cara penyampaiannya,” bebernya.

“Kalau kita udah bisa menentukan 3 hal tersebut, cerita bisa langsung masuk ke para pendengar dan nggak bikin mereka bingung dengan cerita kita,” imbuhnya.

Diketahui, edukasi podcast bagi disabilitas netra merupakan bagian Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023 Kemenkominfo. (nas)

Exit mobile version