TNI-Polri Lacak Persembunyian KKB Pimpinan Egianus Kogoya

TNI-Polri Lacak Persembunyian KKB Pimpinan Egianus Kogoya - tni - www.indopos.co.id

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan. Foto: Dokumen Puspen TNI

INDOPOS.CO.ID – Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan menyatakan bahwa TNI telah mengidentifikasi lokasi tempat persembunyian Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang dipimpin oleh Egianus Kogoya.

“Kami masih menunggu tindakan positif dari pihaknya untuk melepaskan sandera, yaitu pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, yang telah disandera sejak tanggal 7 Februari lalu. Kami prihatin terhadap situasi keamanan di Nduga yang terus memburuk akibat penyanderaan ini,” katanya dalam keterangan, Senin (4/9/2023).

Ia berharap agar Egianus Kogoya segera melepaskan sandera tersebut, karena konflik antara TNI-Polri dan KKB akan merugikan masyarakat Nduga.

“Kami ingin menghindari pertempuran yang dapat membahayakan warga sipil. Kami memiliki kemampuan untuk mengatasi KKB, tetapi kami mengutamakan penyelesaian damai,” ujarnya.

Selain itu, insiden tragis yang merenggut nyawa aktivis kemanusiaan Michelle Kurisi Doga, yang diduga tewas akibat tembakan, pihaknya sangat menyayangkan kejadian tersebut. Sebelum penembakan, terdapat laporan bahwa Michelle sedang melakukan pendataan terhadap pengungsi di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

“Meskipun belum jelas siapa yang bekerja dengan Michelle, pembunuhan seorang aktivis yang berdedikasi pada kemanusiaan dan pengungsi di Nduga merupakan tindakan yang sangat disayangkan,” pungkansya. (fer)

Exit mobile version