Jaga Kelestarian Lingkungan, 13.500 Personel TNI AL Bersama Masyarakat Laksanakan Program Kali Bersih Nasional 2023

Jaga Kelestarian Lingkungan, 13.500 Personel TNI AL Bersama Masyarakat Laksanakan Program Kali Bersih Nasional 2023 - bersih kali - www.indopos.co.id

Ratusan personel TNI AL membersihkan kali untuk menjaga kelestarian lingkungan. Foto: Dokumen Puspen TNI

INDOPOS.CO.ID – Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya Muhammad Ali mengatakan TNI Angkatan Laut bersama masyarakat menjalankan Program Kali Bersih Nasional 2023, dengan tujuan menjaga kelestarian lingkungan.

“Kami menggelar program peduli lingkungan ini dengan harapan dapat terus mendukung kemajuan Indonesia. Pada acara ini, TNI Angkatan Laut mengirimkan 13.500 personel yang tersebar di berbagai satuan untuk mendukung Program Kali Bersih (Prokasih) 2023 yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia,” katanya dalam keterangan, Rabu (6/9/2023).

Menurutnya, kegiatan Prokasih 2023 ini dilakukan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI Angkatan Laut dan diadakan di 78 lokasi Satuan TNI Angkatan Laut, dengan pusat acara berlokasi di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Cilincing, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ia pun menyampaikan bahwa sungai adalah tempat penting dalam peradaban manusia, digunakan untuk kebutuhan air rumah tangga, pertanian, perikanan, dan transportasi. Program Kali Bersih diharapkan akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan, khususnya ekosistem sungai.

“Sungai juga memiliki peran penting dalam ekosistem alam sebagai pendukung utama flora dan fauna. Oleh karena itu, menjaga ekosistem sungai adalah tanggung jawab bersama kita untuk melestarikan warisan alam yang yang berharga ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, diharapkan bahwa Program Kali Bersih ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dan air, serta memperkuat kerjasama lintas sektoral dalam menjaga keseimbangan ekosistem air dan melindungi sumber daya air untuk generasi mendatang.

“Kegiatan ini merupakan komitmen TNI Angkatan Laut bersama semua komponen bangsa untuk mendukung strategi pemerintah dalam membangun kesehatan, ketahanan air, dan ketahanan nasional, yang merupakan salah satu pilar utama dalam mendukung pembangunan berkelanjutan untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version