Program Ini Dorong Generasi Muda Bangun Ekosistem Startup di Indonesia

startup

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Foto: Kominfo untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Melalui program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Kemenkominfo mampu menjadi pemantik pertumbuhan startup di Indonesia. Khususnya generasi muda dengan membangun ekosistem startup dengan memanfaatkan infrastruktur yang ada.

Subkoordinator Bagian Kerjasama Startup Digital Muhammad Faisal mengatakan, mengenai pesatnya transformasi digital di Indonesia. Terlebih lagi mengacu kepada jumlah penduduk, Indonesia merupakan target market terbesar di ASEAN.

Menurut dia, yang paling bisa menjadi acuan, kini banyak aplikasi-aplikasi dari luar yang ingin viral dengan melalui pasar Indonesia. Contohnya saja, TikTok dan NFT. Sebab, Indonesia saat ini menjadi sasaran market dari pihak luar.

“Kami dari Kominfo berharap bisa mengambil potensi itu, entah melalui startup dan apapun itu di dunia digital,” ujar Muhammad Faisal dalam keterangan, Jumat (29/9/2023).

Ia menilai, untuk mendukung transformasi digital tersebut ekosistem dan infrastruktur menjadi hal yang paling penting. “Pemerintah memang harus bergerak supaya anak-anak memiliki modal untuk membangun startup,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali, I Made Gunanja mengatakan, Pemerintah Provinsi Bali selama ini telah mendukung upaya transformasi digital. Salah satunya, dengan melalui program Bali Smart Island yang memasang jaringan wifi di berbagai titik dengan menyasar seluruh masyarakat di Bali melalui tempat publik dan fasilitas umum.

“Berbagai langkah positif harus terus kita ambil bersama-sama untuk meningkatkan gerakan masyarakat, dengan segala modal infrastruktur, SDM, serta sinergi berbagai kalangan,” ujar Gunanja.

Selain itu, kerja sama antara Pemprov Bali dan Kemenkominfo diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi digital untuk mewujudkan Indonesia Digital Nation 2025. Salah satunya adalah untuk meningkatkan jumlah kewirausahaan di Indonesia serta membangun ekosistem digital yang inklusif.

Apresiasi juga disampaikan kepada pihak Kemenkominfo melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Berkat kerjasama pada kegiatan Roadshow 1000 Startup Digital, anak-anak muda yang berpartisipasi dalam acara mendapatkan pengetahuan baru terkait rintisan startup.

“Anak muda Bali juga sudah dibekali digital skill yang menjadi modal positif untuk terinspirasi dan berpartisipasi dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital agar tumbuh startup keren di Provinsi Bali,” katanya. (nas)

Exit mobile version