Semarak HUT ke-78 TNI, 91 Pesawat Bakal Atraksi di Langit Jakarta

Semarak HUT ke-78 TNI, 91 Pesawat Bakal Atraksi di Langit Jakarta - hut tni - www.indopos.co.id

Momen atraksi pesawat TNI di langit Jakarta saat geladi bersih menyambut HUT ke-78 TNI. Foto: INDOPOS.CO.ID/Dhika Alam Noor

INDOPOS.CO.ID – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) dipastikan bakal meriah. Sejumlah personel dari tiga matra, angkatan darat, laut dan udara unjuk kemampuan. Salah satunya menampilkan akrobatik pesawat tempur.

Demo udara melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut dan udara akan ikut meramaikan udara di atas Jakarta pada, Kamis 5 Oktober 2023.

Asisten Personalia (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda TNI Arif Widianto mengatakan, demonstrasi yang ditunjukan di antaranya fly pass pesawat tempur, helly dan free fall sebanyak 78 personel.

“Demo udara ini pertama diawali dengan terjun payung, yang terdiri dari 78 personel. Ini melambangkan bahwa hari ulang taun ke-78 yang terdiri dari TNI dan Polri,” kata Arif Widianto saat geladi bersih menyambut HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023).

Selanjutnya fly pass pesawat tempur, yang terdiri dari helikopter membawa bendera raksasa. Selanjutnya atraksi udara merupakan gabungan dari darat laut udara dari berbagai tipe pesawat.

“Untuk formasinya dari Jupiter aerobatik, menampilkan tujuh formasi dan kemudian dari aerobatik helikopter pegasus juga menampilkan kolaborasi teaterikal yang ada di bawah,” tuturnya.

Persiapan menyambut HUT TNI tahun ini hampir rampung. Sementara tema yang diberikan adalah TNI patriot NKRI, pengawal demokrasi untuk Indonesia maju. Hal itu menandakan bahwa TNI sebagai salah satu pengawal pertahanan

“Tentunya tergabung dalam matra darat, laut dan udara yang selalu kokoh dan kuat, dan akan selalu setia pada bangsa dan NKRI,” ujar Arif.

“Jadi dalam kegiatan HUT TNI ke 78 ini dilaksanakan secara besar-besaran. Tentunya, kita ingin mmeberikan suatu pesan kepada masyarakat apa yang telah diberikan masyarakat kepada TNI,” tambahnya.

Geladi bersih dimulai dengan upacara parade dan defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023, yang mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista. (dan)

Exit mobile version