KY Serahkan 11 Calon Hakim Agung dan Ad Hoc HAM ke DPR, Ini Daftarnya

KY Serahkan 11 Calon Hakim Agung dan Ad Hoc HAM ke DPR, Ini Daftarnya - KY 1 - www.indopos.co.id

Komisi Yudisial, Jakarta Pusat. Foto: Dokumen Komisi Yudisial

INDOPOS.CO.ID – Ketua Komisi Yudisial (KY) Amzulian Rifai mengatakan pihaknya telah menyerahkan 11 nama calon hakim agung (CHA) dan calon hakim ad hoc Hak Asasi Manusia (HAM) di Mahkamah Agung (MA) tahun 2023 kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Terdapat 11 nama yang diajukan untuk mendapatkan persetujuan, dengan rincian 1 CHA untuk kamar perdata, 6 CHA untuk kamar pidana, dan 1 CHA untuk kamar TUN khusus pajak. Selain itu, terdapat 3 calon hakim ad hoc HAM di MA,” kata Amzulian dalam keterangannya yang dirilis Senin (23/10/2023).

Menurutnya, nama-nama calon hakim agung dan calon hakim ad hoc HAM ini diterima oleh Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus serta Anggota Komisi III DPR RI Supriansa dan Sari Yuliati.

“Semua calon hakim agung yang diajukan telah memenuhi syarat dan layak untuk dimintakan persetujuan kepada DPR,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa seleksi calon hakim agung dan hakim ad hoc HAM di MA telah melibatkan tahap seleksi administrasi, penilaian kualitas, penilaian kepribadian, pemeriksaan kesehatan, serta penelusuran rekam jejak, selain wawancara. Pemilihan kelulusan dilakukan dengan mempertimbangkan formasi lowongan jabatan dan kelulusan akhir.

“KY menjamin bahwa CHA yang diajukan memenuhi standar yang ditetapkan, termasuk aspek kompetensi dan integritas. Selain itu, seleksi ini juga melibatkan partisipasi publik sebaik mungkin, terutama dalam tahap penelusuran rekam jejak dan wawancara,” jelasnya.

Berikut ini adalah daftar lengkap nama-nama calon hakim agung dan calon hakim ad hoc HAM di MA yang diajukan oleh KY kepada DPR:

Calon Hakim Agung Kamar Pidana:

Dr. Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum.
Ainal Mardhiah, S.H., M.H.
Noor Edi Yono, S.H., M.H.
Sigid Triyono, S.H., M.H.
Sutarjo, S.H., M.H.
Dr. Yanto, S.H., M.H.
Calon Hakim Agung Kamar Perdata:

Agus Subroto, S.H., M.Kn.

Calon Hakim Agung Kamar Tata Usaha Negara (khusus pajak):

Dr. Ruwaidah Afiyati, S.E., S.H., M.M., M.H., CFrA.

Calon Hakim Ad Hoc Hak Asasi Manusia di MA:

Dr. Adriano, S.H., M.H.
Prof. Dr. Judhariksawan, S.H., M.H.
Dr. Manotar Tampubolon, S.H., M.H. (fer)

Exit mobile version