Masyarakat Diminta Manfaatkan Media Digital Majukan Kebudayaan Lokal

Diskusi-dan-Pentas-Kebudayaan

Universitas Matana telah menggelar Wisuda ke-5 dan Dies Natalis ke-9 dengan tema “Excel through Leadership in Sustainability and Entrepreneurship” pada Senin (23/10/2023), di Grand Ballroom Hotel Atria Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Foto: Universitas Matana

INDOPOS.CO.ID – Perkembangan teknologi digital telah memberikan manfaat pada aspek kehidupan masyarakat. Salah satunya, memiliki peranan sangat penting menyebarkan kebudayaan lokal.

Kepala Balai Media Kebudayaan (BMK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Retno Raswaty mengatakan, pesatnya perkembangan teknologi seharusnya membantu kinerja pemajuan kebudayaan. Banyak pegiat dan komunitas budaya memanfaatkan teknologi digital mengembangkan profesinya.

“Penyebarluasan konten kebudayaan melalui media digital sekaligus menjadi cara untuk menunjukkan kepribadian bangsa Indonesia, yang menjunjung kesantunan dan kearifan kepada dunia,” kata Retno saat Diskusi dan Pentas Budaya Tegal, Jawa Tengah dalam keterangannya, Jumat (27/10/2023).

Kegiatan tersebut digelar, untuk menggali sejauh mana upaya pelestarian kearifan lokal di tengah arus kemajuan teknologi yang membawa pengaruh budaya luar.

“Penting agar seluruh pihak bersama-sama, melestarikan nilai-nilai tersebut dalam bentuk kreasi berbasis budaya,” ujar Retno.

Teknologi digital, memudahkan penyebarluasan informasi kerja kebudayaan. “Pemerintah terus menyokong, upaya pemajuan kebudayaan oleh masyarakat yang adaptif dengan media digital,” jelasnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih menggarisbawahi, budaya digital dan teknologi informasi saat ini telah membentuk cara manusia berinteraksi, berperilaku, berpikir, serta berkomunikasi dalam lingkungannya.

“Esensi budaya adalah inovasi, kreasi, dan kolaborasi dalam berkarya. Karya budaya perlu disinergikan dengan teknologi digital, agar berkesinambungan dan berkelanjutan,” ucap Fikri Faqih. (dan)

Exit mobile version