Kinerja Industri Membaik, Bisnis Franchise Indonesia Makin Diminati Masyarakat

IFBC-Expo

Para peraih Indonesia Franchise of The Year 2023

INDOPOS.CO.ID – Dunia wirausaha memang selalu menjadi pilihan yang menarik bagi banyak kalangan. Apalagi jika usaha yang dijalankan memberikan ragam kemudahan dan fasilitas dukungan maksimal seperti franchise atau waralaba.

Hadirnya paket usaha atau bisnis berkonsep jejaring seperti franchise diyakini menjadi satu dari sekian jalan keluar bagi orang yang susah menentukan ide atau konsep usaha namun ngebet ingin memiliki usaha.

Diketahui, semangat kewirausahaan di Indonesia dari tahun ke tahun kian tumbuh membesar, yang ditandai dengan makin banyaknya orang yang terjun ke dunia usaha dengan menjadi wirausaha, mulai dari profesional, pensiunan hingga anak muda dan mahasiswa.

Tentu ini menjadi fenomena yang menarik sekaligus perlu diapresiasi. Pasalnya, dengan semakin banyaknya wirausaha baru yang muncul, akan sangat efektif untuk penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pertumbuhan ekonomi bangsa.

Terlebih setelah pandemi Covid-19 mereda, bisnis waralaba kembali bergairah. Bahkan, ada yang tetap mengalami pertumbuhan sekitar 7 persen per tahun. Konsep bisnis franchise memang diakui memang cocok untuk yang baru ingin memulai bisnis atau memperoleh pendapatan pasif.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia Anang Sukandar menuturkan, perkembangan bisnis waralaba sempat terguncang ketika berada di situasi pandemi Covid-19. Beberapa yang terdampak seperti waralaba di sektor bisnis kuliner dan ritel. ”Karena aktivitas masyarakat dibatasi, maka banyak yang tutup,” ujarnya.

Tapi, masih menurut Anang, situasi berangsur membaik ketika pandemi Covid-19 sudah mulai mereda. Pada kuartal kedua tahun 2022, kedua sektor itu kembali menggeliat. Ditambah lagi beberapa sektor potensial seperti apotek, minimarket, dan toko elektronik, dan lainnya.

Anang menilai, dibandingkan negara lain, Indonesia memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adanya konsumsi domestik yang begitu tinggi. Itulah sebabnya mengapa ekonomi Indonesia bisa bertahan jika dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang sangat bergantung pada ekspor.

Keunggulan dari sisi konsumsi domestik itu diharapkan dapat menumbuhkan permintaan domestik yang tinggi sehingga membentuk pasar tersendiri. ”Permintaan domestik yang tinggi inilah yang membuat banyak investor ingin menanamkan modalnya. Salah satunya melalui konsep bisnis waralaba,” kata Anang.

Senada dengan Anang, Pemimpin Redaksi Majalahfranchise .com, Rofian Akbar juga menyatakan bahwa semangat kewirausahaan yang terjadi seperti sekarang ini, terus terang tidak bisa dilepaskan dari keberadaan merek-merek franchise di Indonesia.

“Dengan terus berekspansinya merek franchise di tahun 2023 ini, implikasinya adalah makin memudahkan orang di pelosok negeri untuk menjadi wirausaha serta penciptaan lapangan kerja,” rincinya.

Penghargaan Prestisius Indonesia Franchise of The Year 2023
Dari situ, Majalahfranchise .com bersama Asosiasi Franchise Indonesia merasa perlu terlibat memberikan apresiasi terhadap pemilik merek franchise yang telah “berjuang” untuk bertahan dan berkembang dalam upayanya memberikan solusi terhadap masyarakat luas yang memiliki minat usaha tinggi.

“Oleh karena itu, berkaitan dengan semangat kewirausahaan yang sedang tumbuh, serta untuk mendorong merek-merek franchise Indonesia makin profesional dan tangguh, yang tidak hanya bisa berperan di kancah lokal tetapi juga internasional, maka sebagai wujud apreasiasi serta dedikasi kepada merek-merek franchise yang terus berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, di penghujung tahun 2023 ini Kami dan Asosiasi Franchise Indonesia akan memberikan penghargaan dengan level tertinggi di Industri franchise yakni Indonesia Franchise of The Year 2023,” jelas Akbar.

Ia melanjutkan penghargaan khusus ini diberikan kepada pada merek-merek franchise terbaik di beberapa kategori bisnis, yang setiap tahun terus aktif melakukan pengembangan bisnis di seluruh Indonesia.

Adapun yang menjadi kriteria penilaian dalam penghargaan Indonesia Franchise of The Year ini antara lain:

● Regulation : Franchisor atau perusahaan franchise telah mematuhi regulasi yang telah ditentukan pemerintah, dalam hal ini merek franchise harus memiliki STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba).

● Franchisor : Memiliki personality/kepribadian yang baik, termasuk kompetensi & komitmen dalam menjalankan bisnisnya. Franchisor disini artinya bisa owner personality maupun corporate personality

● Franchise Support: Memiliki program supporting dan menjalankannya untuk mendukung franchise.
● Innovation : Melakukan inovasi produk secara terus menerus

● Marketing & Branding: Memilik program marketing dan pengembangan merek yang konsisten dan juga kreatif baik offline maupun online.

● Expansion : Terus melakukan pengembangan bisnis ke berbagai daerah di Indonesia.

● Awarding : Mendapatkan penghargaan terkait bisnis dari berbagai institusi yang kredibel baik dari dalam negeri.

“Kami dan Asosiasi Franchise Indonesia mengucapkan selamat atas raihan prestasi ini, semoga mampu menambah akselerasi usaha dengan baik dan cepat serta tetap menjaga komitmen dalam menjalankan usaha,” tutup Akbar.

Berikut daftar peraih Indonesia Franchise of The Year 2023 :
Apotek K-24, Depo Air Minum Biru, Raywhite Indonesia, Indomaret, Tahu Jeletot Taisi,
Martha Tilaar Salon Day SPA, Kebab Turki Baba Rafi, Melia Laundry, D’Penyetz, OTO Bento,Crispyku

Berikut daftar peraih Indonesia Business Opprtunity of The Year 2023 :
Sugaku Sempoa& Math, Mogami Drawing, Tentang Kopi, Kopi Dari Hati, Warkop Naik Kelas, De Wave SPA, Chikuro, Madeena Skin Clinic, King Shield, Mie Njerit. (ibs)

Exit mobile version