Hari Pahlawan, Jokowi: Canangkan Tekad Perangi Kemiskinan dan Berantas Kebodohan

Presiden-Joko-Widodo-TMP

Presiden Joko Widodo pimpin upacara dan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata. Foto: YouTube Sekretariat Presiden

INDOPOS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta, masyarakat merenungkan jasa para pahlawan dalam peringatan Hari Pahlawan yang telah membawa kemerdekaan Indonesia. Hari Pahlawan ke-78 jatuh pada, Jumat (10/11/2023).

Hari tahun ini memiliki tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan.”

“Hari ini, kita mengenang dalam-dalam mereka yang telah berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan taruhan nyawa, bermandikan darah, bersimbah peluh, dan berurai air mata,” kata Jokowi di akun Instagram miliknya @jokowi, Jumat (10/11/2023).

Sekaligus kembali mencanangkan tekad mengisi kemerdekaan itu dengan kerja keras dan semangat tinggi, untuk mengentaskan kemiskinan dan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

“Memerangi kemiskinan, memberantas kebodohan, dan bersama menyongsong kemajuan Indonesia,” ucap Jokowi.

Adapun rangkaian kegiatan Hari Pahlawan Tahun 2023 antara lain: upacara dan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, upacara tabur bunga di laut.

Selain itu, penganugerahan gelar pahlawan nasional di Istana Negara, refleksi perjuangan 10 November dan perjuangan masa depan di Gedung Konvensi TMPNU Kalibata.

Selepas upacara, Jokowi melaksanakan tabur bunga didampingi Wapres Ma’ruf Amin, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Lembaga Tinggi Negara, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan para Kepala Staf Angkatan. (dan)

Exit mobile version