Perkenalkan Kearifan Lokal, Siswa Dituntut Bisa Melestarikan Budaya

betawi

Pameran karya budaya Betawi. Foto: SDN 22 Petang Cengkareng Timur untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 22 Petang Cengkareng Jakarta Barat menggelar Pameran Karya Seni Budaya Betawi. Kegiatan bertujuan untuk menanamkan cinta budaya sejak dini.

“Anak-anak di bawah bimbingan orang tuanya secara kelompok membuat karya seni Betawi. Seperti rumah adat, makanan dan minuman. Kemudian mereka pamerkan,” ungkap Ketua Panitia Pameran Karya Seni Budaya Betawi SD Negeri 22 Petang Cengkareng Timur Jakarta Barat Eni Riska Putri di Jakarta, Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan pameran tersebut, menurut dia, sebagai upaya untuk mengenal dan melestarikan budaya Betawi. Sehingga anak-anak bisa melestarikan budaya.

“Dengan tema P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) kali ini adalah kearifan lokal dengan tagline ‘Meningkatkan kecintaan terhadap budaya lokal melalui pameran karya Seni Budaya Betawi’,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada kegiatan ini anak-anak dan orang tua yang hadir mengenakan baju adat betawi. Selain itu, anak-anak juga memperagakan pakaian adat Betawi.

“Alhamdulilah kegiatan berjalan dengan meriah. Dan anak-anak serta orang tua sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 22 Petang Cengkareng Timur Jakarta Barat Suyono menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari kurikulum pendidikan.

“Saya memberikan apresiasi kepada orang tua dan anak-anak yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version