65 Desa Wisata Terima Penghargaan, Sandiaga: Program Kampanye Sadar Wisata 5.0 Perkuat Ekonomi

65 Desa Wisata Terima Penghargaan, Sandiaga: Program Kampanye Sadar Wisata 5.0 Perkuat Ekonomi - sandi 4 - www.indopos.co.id

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan keterangan kepada media, usai acara Malam Penghargaan KSW 5.0 di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Minggu (26/11/2023). Foto: Feris Pakpahan/INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan bangga menyelenggarakan malam penghargaan program Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0 di bilangan Jakarta Selatan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, penghargaan Kampanye Sadar Wisata (Kamdarwis) 5.0 diberikan kepada 65 desa wisata. Program ini bertujuan untuk menciptakan perubahan positif guna meningkatkan kualitas pariwisata.

“Penghargaan Kamdarwis 5.0 diberikan kepada 65 desa wisata yang terlibat dalam program KSW sebagai hasil dari upaya kami untuk membawa perubahan positif demi mewujudkan pariwisata yang berkualitas,” katanya kepada wartawan, Senin (27/11/2023).

Ia menjelaskan bahwa Kampanye Sadar Wisata (KSW), yang berlangsung dari tahun 2022 hingga 2023, diselenggarakan di 65 Desa Wisata pada tahun 2022 dan 90 Desa Wisata pada tahun 2023.

“Kegiatan ini berlokasi di 6 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP), yaitu kawasan Danau Toba, Borobudur-Yogyakarta Prambanan, Lombok, Bromo-Tengger Semeru, Labuan Bajo, dan Wakatobi,” jelasnya.

Selain itu, program Kampanye Sadar Wisata 5.0 ini merupakan inisiatif Kemenparekraf untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa-desa wisata. Pengembangan desa wisata menjadi fokus utama dalam memajukan pariwisata berbasis masyarakat melalui program KSW 5.0.

“Program ini secara khusus difokuskan pada pembangunan kesadaran, pengembangan mentalitas, dan karakter produktif masyarakat desa,” kata Sandiaga.

Kampanye Sadar Wisata 5.0 telah berjalan selama sekitar 2 tahun, dimulai dengan tahap sosialisasi, dilanjutkan dengan tahap pelatihan, dan pendampingan. Saat ini, program memasuki tahap apresiasi yang dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 26 November 2023 di Jakarta.

Berikut penerima penghargaan pada malam apresiasi KSW 5.0 Kemenparekraf: Kategori kepala desa/lurah terbaik, Desa Wisata Lumban Suhi-Suhi, Samosir. Desa Wisata Rembitan, Lombok Tengah. Desa Wisara Podokoyo, Pasuruan. Kampung Wisata Purbayan, Yogyakarta. Kampung Wisata Sosromenduran, Yogyakarta. Kategori local champion terbaik, Risman, Desa Wisata Papagarang, Labuan Bajo. Lukman, Desa Wisata Jerowaru, Lombok Timur. Purna Irawan, Desa Wisata Poncokusumo, Malang. Rahadyan Chandra, Kampung Wisata Kadipaten, Yogyakarta. Ahmad Ersyidik, Desa Wisata Candire, Magelang. Kategori Diseminasi Sadar Wisata. Desa Wisata Kulati, Wakatobi. Desa Wisata Bugisan, Klaten. Desa Wisata Rembitan, Lombok Tengah. Kategori kelembagaan Kampung Wisata Purbayan, Yogyakarta. Desa Wisata Wringinanom, Malang. Kawasan Pulau Sibandang, Tapanuli Utara.

Sandiaga berharap agar para penerima penghargaan dapat merasa termotivasi untuk meningkatkan dan memperluas potensi desa mereka melalui promosi dan pengembangan produk wisata.

“Langkah-langkah konkret dari pemerintah, seperti menciptakan lapangan kerja dan memperkuat perekonomian, sebagai dukungan tambahan,” pungkasnya. (fer)

Exit mobile version