Kembangkan Platform Pembelajaran Jarak Jauh, UT Gandeng ITERA

Kembangkan Platform Pembelajaran Jarak Jauh, UT Gandeng ITERA - rektor UT - www.indopos.co.id

Rektor UT Prof Ojat Darojat (3 dari kiri), Bupati Kabupaten Kubu Raya Muda Mahendrawan (3 dari kanan), Rektor ITERA Prof I Nyoman Pugeg Aryantha (2 dari kanan). Foto: Nasuha/ INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Pendidikan syarat teknologi saat ini menjadi tuntutan di tengah perkembangan teknologi. Untuk itu Universitas Terbuka (UT) terus mengembangkan inovasi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Pernyataan tersebut diungkapkan Rektor UT Prof Ojat Darojat kepada INDOPOS.CO.ID, Senin (27/11/2023). Ia mengatakan, di usianya ke-39 tahun UT banyak mendapatkan dukungan dari mitra, baik pusat, daerah dan perguruan tinggi lokal.

“Dengan pemerintah kabupaten Kubu Raya di Kalimantan Barat, kami komitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) seperti aparatur sipil negara (ASN) di sana,” ujarnya.

“Demikian pula dengan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dan Universitas Nahdatul Ulama (UNU) NTB (Nusa Tenggara Barat),” imbuhnya.

Menurut Ojat, kerja sama tersebut dengan menyiapkan dosen tenaga tutorial hingga pengembangan online pedagogik. Selain itu juga kerja sama terkait tridarma perguruan tinggi, seperti pengabdian masyarakat hingga penelitian dan pengembangan.

“Kami ingin turut berkontribusi membangun Kubu Raya. Sementara di PT lain, kami membantu dosen dalam mengelola online pedagogik,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kubu Raya Muda Mahendrawan menuturkan, pihaknya tengah menyiapkan regulasi untuk menindaklanjuti kerja sama dengan UT. Sehingga program beasiswa pendidikan bagi SDM di sana tepat sasaran.

“Implementasinya tahun depan. Kami sedang siapkan regulasi agar kebijakan ini tepat sasaran,” ujarnya.

“Siapa saja yang mendapat beasiswa, baik itu kepala desa atau ASN di lingkungan Kubu Raya,” imbuhnya.

Ia mengatakan, peningkatan kualitas SDM, terutama ASN di lingkungan pemerintahan Kubu Raya berdampak langsung pada pelayanan bagi masyarakat. “Jadi kepala desa yang belum lulus S1 akan kami berikan beasiswa kuliah di UT secara online,” katanya.

“Tidak saja guru, TU di sekolah juga kita akan dorong untuk melanjutkan pendidikan S1. Juga tenaga administrasi di kecamatan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Rektor ITERA Prof I Nyoman Pugeg Aryantha menambahkan, pentingnya sosialisasi pendidikan kepada masyarakat. Hal ini untuk menumbuhkan lagi semangat belajar bagi masyarakat.

“Kami di ITERA komitmen mengembangkan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Ini semata-mata untuk mahasiswa dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

“Kami juga akan mengembangkan sistem pembelajaran jarak jauh. Kan ITERA lebih banyak pada sains dan riset. Jadi kami bersama UT akan kembangkan itu,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version