PBNU: Penyelenggara Pemilu Harus Berpegang pada Kejujuran

PBNU: Penyelenggara Pemilu Harus Berpegang pada Kejujuran - deklarasi kampanye pemilu - www.indopos.co.id

Deklarasi kampanye pemilu 2024 damai. Foto: Bawaslu untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Fahrurrozi (Gus Fahrur) mengatakan, para penyelenggara pemilu harus mengedepankan kejujuran dalam menjalankan tugas.

“Kami sangat berharap dan mengimbau bahwasanya kejujuran itu modal utama. Kunci keselamatan itu kejujuran. Makanya kita berharap semuanya mengutamakan kejujuran, hati nurani, agar terpilih pemimpin yang kredibel,” terang Gus Fahrur dalam keterangan, Senin (27/11/2023).

Menurut dia, ketika proses pemilihan pemimpin melanggar aturan dan tidak sesuai asas luber jurdil (langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil), maka akan menghasilkan pemimpin yang kurang terlegitimasi.

“Kalau prosesnya ada yang tidak benar itu kan kurang legitimate di masyarakat,” katanya.

“Oleh karena itu kita berharap penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu, semua yang terlibat mari bersama-sama menjalankan amanah,” imbuhnya.

Ia juga meminta masyarakat untuk terlibat aktif dalam proses pemilihan umum. Menurutnya, jika masyarakat abai terhadap pemilu, maka justru mereka yang merugi, karena mendapat pemimpin dan pemerintahan yang kurang kredibel dan terlegitimasi.

“Semua harus terlibat. Justru kalau kita aktif ikut mengawasi, mengawal proses ini, ya kita akan rugi lima tahun,” ucapnya.

Ia juga meminta agar publik tidak pesimistis di tengah isu kecurangan dan ketidaknetralan Pemilu 2024. “Justru kita harus, ini kewajiban untuk ikut dalam mengawasi. Jangan pesimistis, kita masih yakin masih banyak orang yang punya hati nurani,” tegasnya.

Diketahui, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bersama kepolisian dan kejaksaan yang menggelar Rapat Koordinasi Nasional Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) guna mempersiapkan penyelenggaraan Kampanye Pemilu 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga menggelar acara Deklarasi Kampanye Pemilu 2024 Damai. (nas)

Exit mobile version