Tegaskan Pers Independen, PWI Undang Tiga Capres Ingin Pemilu Damai

Tegaskan Pers Independen, PWI Undang Tiga Capres Ingin Pemilu Damai - ganjar pwi ip - www.indopos.co.id

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Hendry Ch Bangun usai mengundang Capres Ganjar Pranowo di Kantor PWI Pusat, Kamis (30/11/2023). Foto: dili / indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Jelang Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dan Pemilu Presiden 2024, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) membuat program berdialog dengan ketiga calon presiden. Salah satunya yang hadir hari ini, Kamis (30/11/2023) adalah Ganjar Pranowo.

“Kami menawarkan tanggal 30 November hingga 30 Desember, kebetulan Capres nomor 3 ini Pak Ganjar lebih dahulu merespons dan datang hari ini, rencananya pak Anies nomor 1 akan datang minggu depan kemudian setelah itu pak Prabowo,” kata Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Hendry Ch Bangun.

“Semua terkonfirmasi hadir, cuma waktunya, kita memberi range satu bulan itu,” sambungnya.

Menurut Hendry, dialog tersebut juga sekaligus sebagai ajang untuk memperlihatkan bahwa pers merupakan lembaga independen dan tidak memihak.

PWI juga ingin menciptakan suasana damai menjelang Pemilu 2024 mendatang. Hendry mengatakan, jangan sampai transisi kepemimpinan yang merupakan hal lumrah, justru membuat perpecahan bangsa.

“Kami ingin menunjukkan bahwa pertama, pers ini betul-betul independen, tujuan kita adalah bagaimana bangsa ini makin maju, bahwa ini adalah kontestasi biasa. Transisi kepemimpinan yang rutin, jadi kita harus membuat suasananya teduh,” ucapnya.

Lebih lanjut Hendry menerangkan, dialog langsung terhadap calon presiden penting dilakukan agar insan pers terutama masyarakat dapat mendengar secara utuh gagasan mereka.

“Karena kita merasa bahwa wartawan itu kalau mendapat pernyataan sepotong-sepotong, kalau di sini kan utuh, kita memberikan pertanyaan lalu dijawab, tadi ada soal, birokrasi, KKN, utang, dan sebagainya,” pungkas Hendry. (dil)

Exit mobile version