Transformasi Digital Membuat Pendidikan Lebih Cerdas

Oliver-Wyman

Konsultan manajemen global independen, Oliver Wyman (tengah) Foto: Nasuha/ INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Konsultan manajemen global independen, Oliver Wyman, pada hari ini, Rabu (6/12/2023), merilis laporan tentang dampak terkini kebijakan Merdeka Belajar dan peran teknologi dalam transformasi ekosistem Pendidikan Indonesia.

Dalam Laporan Dampak Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan Indonesia, Oliver Wyman mencatat bahwa gerakan Merdeka Belajar telah menghasilkan hasil yang menjanjikan berkat ekosistem digital yang dikembangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Menurut laporan pemantauan pendidikan global UNESCO 2023, tiga tantangan paling penting dalam pendidikan saat ini adalah kesetaraan dan inklusi, kualitas, serta efisiensi. Analisis Oliver Wyman terhadap transformasi pendidikan di Indonesia menunjukkan tanda-tanda positif peningkatan efisiensi, serta perubahan pola pikir dan perilaku di kalangan pelaku pendidikan.

“Ada pergeseran global yang menuju digitalisasi dan membuat pendidikan lebih cerdas,” katanya.

Meskipun, lanjut dia, tujuan umum untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam reformasi pendidikan serupa secara global, negara berkembang menghadapi tantangan unik.

“Negara berkembang perlu fokus pada mengkontekstualkan strategi serta memprioritaskan kebutuhan yang paling mendesak. Di Indonesia dengan gerakan Merdeka Belajar menuju arah yang benar,” imbuhnya.

Pada 2019, dari sekitar 3 juta guru di Indonesia, hanya sekitar 620 ribu (20 persen) yang mengikuti pelatihan kompetensi guru karena keterbatasan kuota.

Pada November 2023 PMM berhasil meningkatkan jumlah peserta pelatihan sebanyak 4,1 juta peserta, meningkat 7 kali lipat dibandingkan tahun 2019.

Lalu, lebih dari 40 persen atau 80 ribu guru di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) telah menggunakan aplikasi tersebut untuk mengakses materi pembelajaran berkualitas.

Hal ini menyebabkan pergeseran budaya di kalangan pelaku pendidikan di seluruh negeri menuju mentalitas pembelajar sepanjang hayat dan fokus untuk memberikan pembelajaran berkualitas bagi murid. (nas)

Exit mobile version